About Us

KejakimpolNews.com

KejakimpolNews.com adalah portal online berita dan hiburan. Lahir 26 Juli 2020, beberapa bulan setelah para mantan wartawan yang dulu biasa meliput di bidang hukum dengan area liputan meliputi Kejaksaan, Kehakiman (Pengadilan), dan Kepolisian yang kami singkat Kejakimpol, mengadakan reuni pada 14 Oktober 2019.

Nama kelompok atau komunitas wartawan Kejakimpol itu sendiri telah lahir jauh sebelumnya, yaitu saat akan berlangsung Pekan Olah Raga Wartawan Daerah (Porwarda)/PWI Jawa Barat tahun 1988. Sejak itulah nama Kejakimpol mulai dikenal, khususnya di kalangan wartawan di Jawa Barat.

Ketika 14 Oktober 2019 kami mengadakan reuni di sebuah tempat di Bandung, lebih dari 50 wartawan Kejakimpol saat itu hadir berkumpul. Sebagian ada yang masih aktif, sebagian lainnya sudah nonaktif karena berbagai faktor, diantaranya usia dan sebagian lagi pindah profesi. Ada yang jadi advokat, ada pula yang jadi dosen.

Di antara mereka yang tergabung dalam Komunitas Wartawan Kejakimpol ini, semasa masih aktif jadi wartawan, ada yang pernah jadi Redaktur, Redaktur Pelaksana dan Pemimpin Redaksi dari beberapa media cetak, antara lain Harian Umum Pikiran Rakyat, Galamedia, Mandala, Bandung Pos, Giwangkara, BOM, Sinar Pagi, dan koresponden media terbitan Ibu Kota Jakarta serta Lembaga Kantor Berita Nasional Antara, KNI, PAB dan lainnya lagi.

Menyikapi semakin berkembangnya teknologi informasi, dalam pertemuan saat reuni itulah tercetus gagasan untuk membuat media online. Tujuannya bukan sekadar eksis, tetapi ingin kembali menyalurkan profesi yang telah lama digeluti.

Bulan-bulan berikutnya kami pun membahas media online ini. Bahkan semakin intens, dan akhirnya, dimotori oleh Dr. Nanang Solihin, S.H., M.H., advokat yang dulu wartawan Kantor Berita PAB, Omay Komar (ex Pemimpin Umum Suratkabar Mingguan BOM), Manner Tampubolon, S.P., (Harian Umum Sinar Pagi), Drs. H. Maman Suparman (Redaktur Pelaksana H.U.arian Umum Galamedia), Sonni Hadi (Pemred Majalah Suara Mahardika), Ir. Yeni Endah Pertiwi (Redaktur H.U. Pikiran Rakyat), pada hari Ahad tanggal 26 Juli 2020 kami sepakat melahirkan KejakimpolNews.com.

Tentu saja kami tidak bekerja sendiri, tetapi juga didukung oleh para mantan wartawan yang antara lain kini menjadi dosen di perguruan tinggi negeri yakni Dr. H. Aceng Abdullah, M.Si., (Fikom Universitas Padjadjaran), Dr. Dono Kardono, M.Si dan Dr. Darajat Wibawa, M.Si., (UIN Sunan Gunung Djati), dan puluhan rekan-rekan mantan wartawan lainnya yang semasa aktif dulu mempunyai jabatan-jabatan penting di medianya.

Untuk menjalankan media yang baru lahir ini, kami pun dibantu tenaga-tenaga muda potensial yang bertugas mencari dan menggali berita, serta mengolah berbagai peristiwa dan kejadian yang kami anggap layak jadi berita.

Visi dan misi kami juga jelas, independen, menjunjung tinggi Kode Etik Jurnalistik Wartawan Indonesia, patuh dan taat pada undang undang yang berlaku di Republik Indonesia, antihoaks dan antipertentangan berbau suku bangsa, agama, ras, antargolongan (SARA). Tentu saja semua ini dimaksudkan agar bermanfaat bagi khalayak umum.

KejakimpolNews.com memiliki beragam konten. Tak melulu berita seputar dunia hukum dan kriminalitas di Kejaksaan, Kehakiman, Pengadilan dan Kepolisian saja, kami mencari dan menggali berita seputar masalah sosial, politik, ekonomi, selebriti, olah raga, dan berita-berita lainnya.

Sebelum diluncurkan, kamipun telah membuat yayasan dengan akta notaris bernama yayasan "Komunitas Wartawan Kejadian Kriminal dan Politik" dan secara resmi Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia telah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) dengan Nomor : C-1300.HT.03.01.TH 2002 Kota Bandung Tanggal 14-08-2020. Yayasan inilah yang menerbitkan KejakimpolNews.com.

Setelah KejakimpolNews.com resmi diluncurkan, (commercial launch), alhamdulillah pembaca sudah banyak yang mengunjungi situs kami dengan mengakses KejakimpolNews.com setiap harinya.

Kami optimistis, situs kami akan lebih banyak dikunjungi lagi di masa mendatang. Sebab selain diolah oleh tenaga profesional yang telah berpengalaman, pengguna internet di Indonesia juga terus bertumbuh dan berkembang dengan pesat. Oleh karena itu atas doa dan dukungan semua pihak, kami siap hadir setiap hari menyapa pembacanya. Caranya, kunjungilah situs kami setiap saat.

Salam dari kami. Terima kasih. *