Aksi Nyata BNN Kota Bandung Dalam Aksi P4GN Periode 2022

foto

Foto: Istimewa

Kepala BNN Kota Bandung Mada Roostanto menandatangani prasasti kerjasama pencegahan narkoba.

BANDUNG, KejakimpolNews.com - Peredaran narkoba begitu dahsyat, telah meracuni dan merusak generasi-generasi penerus masa depan bangsa dan negara kita. Jika hal ini dibiarkan, maka lost generation akan mengancam pemuda pemudi Indonesia, yaitu kondisi dimana sebuah generasi kehilangan pemuda pemudi yang berkualitas.

Oleh karena itu, untuk menangani permasalahan tersebut, pada tahun 2022 BNN Kota Bandung melaksanakan program P4GN secara masif dengan berkolaborasi dan bersinergi pada berbagai pihak dari lingkungan pemerintah, pendidikan, dunia usaha, dan masyarakat.

Hal ini juga merupakan implementasi dari Inpres Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional (RAN) Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN-PN), bahwa pelaksanaan aksi ini perlu mengikutsertakan peran agar berjalan dengan lebih optimal.

Dalam melancarkan aksi P4GN, BNN Kota Bandung menjalankan berbagai strategi seperti hard power approach yang merupakan aksi pemberantasan. Pada tahun 2022, BNN Kota Bandung telah mengungkap sejumlah kasus penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika beserta barang bukti yang telah ditemukan dan mengajukannya ke pengadilan.

Strategi ini dilakukan sebagai upaya mengurangi suplai narkoba. Strategi soft power approach dilancarkan dengan aksi pencegahan, pemberdayaan masyarakat, dan rehabilitasi.

Aksi pencegahan telah dilakukan dengan memberikan sosialisasi dan pelatihan pada masyarakat di berbagai lingkungan seperti sekolah, universitas, dunia usaha, dan di berbagai kelurahan.

Hal ini dilakukan untuk menguatkan ketahanan masyarakat, keluarga, dan ketahanan diri masing-masing individu demi mencegah diri dari penyalahgunaan narkoba.

Ketahanan masyarakat juga telah diupayakan dengan membentuk kelurahan bersinar, dimana adanya advokasi untuk pembentukan relawan, regulasi, dan adanya kegiatan P4GN mandiri di masing-masing wilayah kelurahan bersinar.

Pada tahun 2022, program kelurahan bersinar telah diterapkan pada beberapa kelurahan yaitu Kelurahan Cikutra, Babakan Surabaya, Situsaeur, Kebonwaru, Braga, Cisaranten Kulon, Pasir Kaliki, dan Sadang Serang.

Survey menunjukkan bahwa Ketahanan Keluarga di Kota Bandung mencapai nilai sangat tinggi, artinya daya tangkal keluarga terhadap narkoba juga sangat tinggi.

Adapun ketahanan diri remaja di Kota Bandung mencapai nilai tinggi, yang artinya remaja Kota Bandung menyadari bahaya narkoba dan bisa mengendalikan diri untuk tidak menyalahgunakan narkoba.

Aksi pemberdayaan masyarakat telah dilakukan dengan membentuk penggiat dan relawan anti narkoba. Pada tahun 2022 telah terbentuk sebanyak 120 orang penggiat dan lebih dari 50 orang relawan antinarkoba baik dari kalangan dewasa maupun remaja, mereka diarahkan untuk melancarkan aksi P4GN secara mandiri di lingkungan masing-masing.

Hasil survey menunjukkan bahwa kemandirian partisipasi P4GN masyarakat Kota Bandung mencapai kategori sangat mandiri yang artinya para penggiat dan Relawan P4GN di Kota Bandung sangat aktif mengampanyekan P4GN di lingkungan masing-masing.

Aksi Rehabilitasi telah dilakukan baik dengan memberikan layanan pada klien yang datang ke klinik maupun dengan menjemput bola melalui program IBM (Intervensi Berbasis Masyarakat).

Pada tahun 2022 telah terdapat 5 unit penyelenggara layanan rehabilitasi IBM di Kota Bandung, yaitu di Kelurahan Kebon Pisang, Kebonwaru, Lebak Gede, Cikutra dan Babakan Surabaya.

Unit IBM dibentuk untuk memudahkan menjangkau penyalahguna dan membantu masyarakat menerima layanan rehabilitasi tahap awal. Strategi smart power approach dilancarkan dengan melakukan diseminasi informasi dan edukasi P4GN yang memanfaatkan perkembangan teknologi.

Pada tahun 2022 BNN Kota Bandung telah bekerja sama dengan berbagai media untuk penyebarluasan informasi dan edukasi, diantaranya adalah media radio untuk pelaksanaan podcast, dan situs berita online untuk penayangan berita secara online.

Selain itu media sosial populer seperti instagram, twitter, dan youtube juga dimanfaatkan untuk penyebarluasan informasi yang lebih cepat dan menyentuh seluruh kalangan masyarakat, dengan begitu masyarakat bisa lebih mudah dalam mengakses informasi P4GN.

Aksi nyata yang telah diberikan pada tahun 2022 adalah bentuk komitmen BNN Kota Bandung dalam menjalankan aksi P4GN. Tentunya aksi ini bisa dilakukan berkat dukungan masyarakat Kota Bandung.

“Kami, BNN, tidak akan mampu melancarkan aksi P4GN secara optimal tanpa dukungan masyarakat.” Ujar Mada Roostanto selaku Kepala BNN Kota Bandung.

Ia juga berterima kasih atas peran serta masyarakat yang telah aktif melakukan aksi P4GN secara mandiri. Ia menambahkan “Untuk itu mari kita pertahankan dan tingkatkan aksi kita untuk mewujudkan Kota Bandung Bersinar, war on drugs!”(Apep Setia)**

Editor : Maman Suparman

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Kasus DBD Meningkat, 41 Rumah Sakit di Kota Bandung Siap Melayani
Akhmad Rifai Camat Cileunyi Gantikan Cucu Endang, Sekcam Anjar Jadi Camat Pameungpeuk
Pemkab Bandung Borong 5 Penghargaan Top BUMD 2024
Diskar PB Kota Bandung Sabet 2 Penghargaan Lagi di Tingkat Provinsi
Urai Kemacetan, Pemkot Bandung Bakal Rekayasa Lalu Lintas Kawasan Pasar Kordon