TPAS Sarimukti Kian Parah, Ini Kata Kadis LH Kabupaten Bandung

foto

Yayan Sofyan

Antrean truk sampah ke TPAS Sarimukti.

CILEUNYI, KejakimpolNews.com - Kondisi di Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Sarimukti, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB) ternyata lebih parah dari sebelumnya. Faktanya, selain antrean truk pengangkut sampah menuju TPAS kian memanjang, insfrastruktur sangat buruk, sampah di TPAS Sarimukti pun benar-benar sudah over kapasitas.

"Kondisi TPAS Sarimukti kini lebih parah. Sebelumnya ada dua jalur menuju TPAS, kini hanya satu jalur yang digunakan karena yang satu jalur tak bisa dilalui karena landasannya amblas,"kata Ajat (53) sopir truk pengangkut sampah dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung kepada KejakimpolNews.com, Kamis (12/1/2023).

Sementara itu Kepala DLH Kabupaten Bandung, Asep Kusumah membenarkan jika saat ini kondisi di TPAS Sarimukti kembali bermasalah karena ada salah satu landasan yang amblas.

"Saya meminta kepada para sopir truk pengangkut sampah agar hati-hati jika membuang sampah ke TPAS Sarimukti. Selain saat ini terjadi antrean, landasan pun buruk dan ada truk yang terguling," kata Asep.

Melihat kondisi di TPAS Sarimukti saat ini, Asep Kusumah juga meminta kepada warga Kabupaten Bandung minta maklum jika dalam pengangkutan dan pembuangan sampah akan terhambat.

"Tak dipungkuri kondisi di TPAS Sarimukti yang kian krodit akan berdampak pada terganggunya penarikan dan pengangkutan sampah dari Kabupaten Bandung. Hanya saya himbau kepada warga Kabupaten Bandung untuk bisa mengolah, memilah dan memilih sampah organik dan anorganik di rumah-masing. Termasuk memanfaatkan keberadaan bank sampah," ungkap Asep.

Ketika ditanya keberadaan Tempat Pembuangan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Legoknangka, Nagreg, Kabupaten Bandung yang banyak dipertanyakan kapan difungsikan? Menurut Asep, pihaknya hingga saat ini, meski TPPAS Legoknangka selesai dibangun belum ada kabar pasti kapan TPPAS Legoknangka untuk menampung sampah dari Bandung raya ini difungsikan.

"Belum ada kabar pasti kapan TPPAS Legoknangka difungsikan. Saat ini difungsikannya TPPAS Legoknangka menunggu proses lelang barang dan jasa," tutup Asep.

Diberitakan, sebelumnya, sudah diperkirakan jika krodit di TPAS Sarimukti, Kecamatan Cipatat, KBB akan terus terulang dan terulang. Pasalnya, selain kondisi infrastruktur di TPAS Sarimukti buruk, kerap terjadi longsoran dari gunungan sampah karena TPAS benar-benar sudah over kapasitas.

Demikian dilontarkan Riki Ganesa, anggota DPRD Kabupaten Bandung ketika dimintai komentarnya terkait antrean truk pengangkut sampah yang terjadi di TPAS Sarimukti.

"Jika terus dibiarkan begini krodit di TPAS Sarimukti akan terus terulang dan terulang. Sedangkan TPPAS Legoknangka di Nagreg, Kabupaten Bandung yang sudah dibangun kini hanya hiasan," kata Riki Kepada KejakimpolNews.com, Rabu (11/2/2023).

Menurut Riki, anggota Komisi A DPRD Kabupaten Bandung Fraksi Golkar ini, pihaknya mempertanyakan kapan TPPAS Legoknangka Nagreg difungsikan padahal sudah selesai dibangun dengan anggaran besar.

"Jika krodit di TPAS Sarimukti terus terulang dan TPPAS Legoknangka belum juga difungsikan, ancaman lautan sampah di Bandung raya, termasuk di Kabupaten Bandung akan nyata. Ingat tragedi TPAS Leuwigajah. Intinya segera fungsikan TPPAS Legoknangka," tutup Riki.**

Editor : Yayan Sofyan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Rembug Bedas Sambil Ngabuburit, Bupati DS:4 Km Jalan Rusak di Desa Jatisari Diperbaiki Bertahap
PKB "Penguasa Baru" di Kabupaten Bandung, Kursi DPR RI dan DPRD Naik Dua Kali Lipat
Tingkat Partisipasi di Atas 80%, Bupati Bandung Yakini Pemilu 2024 Fairplay
Dapil 2 Kab.Bandung: PKB Berpotensi 3 Kursi, PKS, Golkar, PAN dan Demokrat Masing-Masing 1 Kursi
Kasus DBD di Bandung Terus Meningkat, Warga Diimbau Tingkatkan Kewaspadaan