Ada Konvoi HUT ke-40 XTC Indonesia di Rancaupas Ciwidey? Ini kata Kesbangpol

foto

Foto: Istimewa.

Logo Ormas XTC

BANDUNG, KejakimpolNews.com - Telah beredar pesan berantai soal rencana kegiatan HUT ke-40 XTC Indonesia yang rencananya akan diselenggarakan, Minggu (29/1/ 2023) di Rancaupas, Ciwidey, Kabupaten Bandung. Pesan betantai tersebut bernarasikan akan ada konvoi dengan titik kumpul di Cimahi dan Solokanjeruk menuju Ciwidey.

Tertulis, pesan broadcast itu disampaikan Badan Kesbangpol. "Sehubungan dengan adanya informasi dari Kesbangpol mengenai kegiatan HUT XTC pada hari Minggu, 29 Januari 2023 yang berlokasi di Rancaupas, Ciwidey yang rencana dihadiri komunitas XTC dari Kota lain se-Jawa Barat. Maka diimbau agar waspada akan euforia mereka di Kota Bandung," isi penggalan pesan berantai tersebut.

Setelah ditelusuri ke beberapa pihak, diketahui acara HUT XTC di Rancaupas benarasi akan diselenggarakan pada pada 29 Januari 2023 tersebut seolah pesan berantai dari Kesbangpol, ternyata tidak benar.

Hal tersebut ditegaskan oleh Kepala Kesbangpol Kota Bandung, Bambang Sukardi. Bambang menyebut tidak pernah mengeluarkan surat edaran tersebut. "Ini tidak benar karena kami tidak mengeluarkan imbauan," ungkap Bambang Sukardi kepada wartawan, Sabtu (28/1/ 2023).

Sementara itu, Ketua Dewan Pendiri XTC Indonesia, Ivan Rivky Kabira mengatakan, kegiatan HUT XTC akan dimulai sejak pukul 08.00 WIB di Rancaupas Ciwidey. Menuruy Ivan, pihaknya telah mengimbau seluruh anggota dan pengurus XTC agar tidak pergi menggunakan kendaraan roda dua atau motor, melainkan dengan roda empat atau menggunakan bus.

"Ya, kita mengimbau untuk pergi dengan menggunakan kendaraan beroda empat atau bus,"ujar Ivan.

Diungkapkan Ivan, pesan berantai yang menyebutkan masyarakat diminta menghindari beberapa titik kumpul konvoi pun tidak benar. Sebab kata Ivan, pihaknya tidak akan menggelar konvoi yang mengganggu ketertiban umum. Selain itu, akan ada pengawalan di jalan juga dari kepolisian untuk kendaraan bus.

"Benar, tidak ada konvoi yang bersifat mengganggu ketertiban umum. Sekarang pakai patwal, bus pakai patwal,"terang Ivan. Selain mengimbau anggotanya untuk menjaga ketertiban umum, Ivan pun mengimbau anggotanya untuk menjaga sopan santun dan kenyamanan. Termasuk diminta untuk tidak menggunakan atribut saat di perjalanan hingga sampai di lokasi acara.

Sedangkan untuk di dalam lokasi acara diperbolehkan memakai atribut. Bahkan Ivan juga mengimbau untuk tidak membawa senjata tajam, tidak meminum atau membawa minuman keras, dan tidak membawa atau menggunakan narkoba.

"Mohon imbauan jadi perhatian dan menjadikan kerja sama kita semua," tutur Ivan. Dijelaskan Ivan, kegiatan HUT XTC ke-40 sudah berkoordinasi dengan kepolisian dan sudah mendapatkan izin.

"Kami sudah kantongi pemberitauan, perizinan sudah kelar semuanya," tegasnya. Sedangkan Wakasatlantas Polresta Bandung, AKP M. Abdhi Hendriyatna menjelaskan bahwa tidak ada rekayasa lalu lintas terkait kegiatan HUT XTC di Rancaupas. Kepolisian kata Abdhi hanya menempatkan personel di sepanjang jalur arteri maupun protokol mulai dari Kopo hingga pintu masuk Rancaupas.

"Tidak ada rekayasa jalan. Hanya, kami menempatkan personil di sepanjang jalur arteri maupun protokolnya dari mulai jalur Kopo-Katapang, Tol Soroja, Simpang Sadu hingga ke depan pintu masuk gerbang Rancaupas,"tutupnya.**

Editor : Yayan Sofyan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Polwan Satlantas Polresta Bandung dan Polda Jabar Kembali Bagi-Bagi Takjil
Sejumlah Reklame Ilegal di Bandung Dibabat Habis Satpol PP
Sekda Tegaskan Jam Operasional Pasar Tumpah Hanya Sampai Pukul 06:00 WIB
Rembug Bedas Bupati Bandung di Desa Ciaro Nagreg, Kades Curhat PJU Semuanya Padam
PLN Salurkan Bantuan Jaringan Listrik di Lokasi Tanah Longsor Kampung Gintung Bandung Barat