PJ.Bupati Arsan Latif Dicopot, Bey Machmudin Tunjuk Ade Zakir Plh.Bupati KBB

foto

Sekda KBB, Ade Zakir.

BANDUNG BARAT, KejakimpolNews.com - Sehubungan dengan kekosongan jabatan Bupati Kabupaten Bandung Barat (KBB), Pejabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin telah menunjuk Sekretaris Daerah (Sekda) KBB, Ade Zakir sebagai pelaksana harian Bupati KBB, Kamis (6/6/2024).

Keputusan ini menyusul pengesahan pemberhentian Drs. Arsan Latif. M.Si, sebagai Pejabat Bupati Bandung Barat oleh Menteri Dalam Negeri RI yang tertuang dalam Nomor : 100.2.1.3/4279/OTDA tertanggal 6 Juni 2024.

Keputusan tersebut melalui surat resmi yang dikeluarkan dengan Nomor : 22/KPG.07/PEMODA dan klasifikasi "Amat segera", ditetapkan bahwa Sekda KBB, Ade Zakir akan melaksanakan tugas sehari hari Bupati KBB.

Seperti diberitakan, Penjabat Bupati Bandung Barat Arsan Latif ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi/gratifikasi Pasar Cigasong, Kabupaten Majalengka, oleh Kejakasaan Tinggi Jawa Barat. 

Apabila merujuk pada Pasal 14 ayat (2) Permendagri Nomor : 4 Tahun 2023 tentang Pejabat Gubernur, Bupati dan Wali Kota, masa jabatan seorang pejabat dapat diberhentikan jika yang bersangkutan ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara pidana.

Selanjutnya, sesuai Pasal 65 ayat 5 UU Nomor : 9 Tahun 2015 dan Pasal 131 ayat 4 PP Nomor :2008, jika terjadi kekosongan jabatan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, sehingga Sekda bertanggungjawab melaksanakan tugas sehari hari sehingga Menteri Dalam Negeri mengangkat pejabat yang baru. **

Author: Asep Rachmat Hidayat
Editor: Asep Rachmat Hidayat

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Bupati DS Lepas 120 Kafilah Festival Anak Sholeh Tingkat Jabar
Hari Pelayanan Publik Internasional, Ombudsman RI: Kota Bandung Itu Pelayanannya Luar Biasa
Jumling ke-100, Bupati DS Kembali Singgung Pelayanan Kesehatan, Besti dan Capaian IPM
Sambut HUT Bhayangkara, Kapolresta Bandung Resmikan Perbaikan Rutilahu
Ada Uang Kadeudeuh Rp 1,327 Miliar, Ini Kata Emma Dety Dadang Supriatna Ketua KORMI Kab. Bandung