72 Anggota Linmas se-Kecamatan Regol Diadu Keterampilan Baris Berbaris

foto

Foto : Istimewa

Kasi Trantib Kecamatan Regol, Tantan Haryanto dan Danramil 1804 Regol-Lengkong, Mayor Hadi. Foto lainnya, tim Linmas Kelurahan Ciseureuh.

BANDUNG, KejakimpolNews.com - Sebanyak 72 peserta ikut ambil bagian pada Lomba Peraturan Baris Berbaris (PBB) tingkat Kecamatan Regol 2024, Rabu (07/08/2024).

Mereka adalah anggota Satuan Pelindungan Masyarakat (Satlinmas) Kecamatan Regol dan Satlinmas dari 7 kelurahan se-Kecamatan Regol, yang dalam lomba dibagi ke dalam 12 tim, dengan masing-masing tim terdiri atas 6 personal.

Ketua pelaksana Lomba yang juga Kepala Seksi Trantib Kecamatan Regol, Tantan Haryanto mengatakan, lomba digelar untuk menyambut Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia. Lomba berlangsung di halaman kantor Kecamatan Regol, diselenggarakan bekerjasama dengan Koramil 1804 Regol-Lengkong.

Lomba PBB menurut keterangan, sempat terhenti selama beberapa tahun, karena terkendala oleh kasus Covid yang melanda Indonesia dan dunia beberapa tahun yang lalu.

Dalam gelaran lomba yang diadakan oleh Seksi Ketentraman dan Ketertiban Kecamatan (Tantrib) Kecamatan Regol Kota Bandung, peserta dinilai keserasiannya dalam baris berbaris, antara lain kerapihan baris berbaris dan kekompakan gerak.

Menurut sejumlah kalangan yang menyaksikan lomba, beberapa kelurahan berpotensi untuk terpilih sebagai peserta terbaik. Salah satunya adalah Kelurahan Ciseureuh, meskipun untuk menghadapi lomba ini, tim dipersiapkan hanya sehari jelang lomba.

Penilaian dari masyarakat ini diamini oleh Koordinator Linmas Ciseureuh yang juga Kasi Pemerintahan, Yoga Suganda dan Kasi Ekbang sekaligus pelatih Linmas Kelurahan Ciseureuh, Heti Nurhayati.

"Optimistis harus, tetapi apapun keputusan tim penilai nanti, saya tetap bangga akan Satlinmas Ciseureuh," ujar Heti.

Yoga bahkan menceritakan perjalanan Linmas Ciseureuh selama ini, yang dinilainya sangat aktif dalam melaksanakan tugas.

Dalam hal latihan baris berbaris dan berbagai latihan menghadapi bencana, tim Linmas Ciseuruh sejak lama telah melakukannya. Latihan PBB misalnya, dulu secara rutin dilatih oleh Naryo, anggota Koramil Regol-Lengkong, Dedi Setiadi (Bhabinkamtibmas) dan Asep Kuswanto (Babinsa).

Sementara, latihan penanggulangan bencana dari Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung. Ini artinya, bahwa Linmas Kelurahan Ciseureuh memang sejak lama sudah punya basic (dasar), ujar Heti.

Untuk diketahui, Satuan Pelindungan Masyarakat atau Satlinmas adalah organisasi yang beranggotakan unsur masyarakat yang berada di kelurahan/desa dibentuk oleh Lurah/Kepala Desa untuk melaksanakan Linmas.

Secara singkat, Satuan Linmas adalah satuan tugas yang berasal dari masyarakat, dibentuk oleh Pemerintah Desa/Kelurahan. Tujuannya, untuk melindungi masyarakat dari bencana alam maupun gangguan ketertiban umum.

Satuan ini memiliki peran strategis untuk trantibum (ketentraman dan ketertiban umum), karena ini merupakan layanan dasar bagi masyarakat.**

Editor : Omay Komar

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Pilbup Bandung, Kapolsek Ini Ingatkan Kades dan ASN di Cileunyi dan Cilengkrang Netral
Kemarau, Kabupaten Bandung Siaga Darurat Kekeringan dan Karhutla
Sudah Dilantik, Kiprah Legislator Dapil 3 Ditunggu Tangani PR Cileunyi "Masagi"
Gadis Korban Rudapaksa Anggota Keluarga Di Coblong, Dijenguk Pj.Wali Kota Bandung
Bupati DS: Percepatan Pencairan Keuangan dari APBD dan APBN Kuncinya di Operator Desa