Berbagai Kamonesan Tampil Pada Peringatan HUT ke-79 RI di Kecamatan Cileunyi

foto

Yayan Sofyan

Camat, Kapolsek Cileunyi dan Danramil Cilengkrang usai upacara HUT ke-79 RI dan karnaval diwarnai atraksi seni dan "kamonesan" di sejumlah desa

CILEUNYI, KejakimpolNews.com - Detik-detik peringatan HUT ke-79 RI, Sabtu (17/8/2024) kemarin di Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung berjalan hidmat, aman dan lancar.

Meski di sejumlah titik jalan baik, jalan desa, kabupaten dan jalan nasional sempat terjadi kemacetan karena ada karnaval yang ditandai sejumlah kamonesan seni, secara umum berjalan aman dan kondusif.

Karnaval hanya dipusatkan di masing-masing desa di memilih satu titik kumpul. Seperti karnaval di Desa Cinunuk terpusat di lapangan Cendol. Sementara karnaval di Desa Cileunyiwetan terpusat di lahan bekas Teriminal Cileunyi.

Detik-detik peringatan HUT ke-79 RI diawali di lapangan Kantor ASDP Dishub Jabar Jalan Raya Cinunuk Desa Cinunuk, Kecamatan Cileunyi dimana digelar upacara pengibaran Sang Saka Merah Putih.

Upacara dipimpin Camat Cileunyi, Cucu Endang selaku inspektur upacara (irup) dengan rangkaian mulai pengibaran bendera merah putih, pembacaan naskah Pancasila dan UUD 1945, hingga pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan.

Kapolsek Cileunyi, Kompol Rizal Adam Al Hasan didaulat sebagai pembaca Teks Pancasila. Upacara dimulai pukul 08:00 WIB dan dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, termasuk Danramil Cilengkrang, Kapten (Inf) Iwan Santoso, Waka Polsek Cileunyi AKP Saep Balya, S.H.

Bahkan Kepala UPTD tingkat Kecamatan Cileunyi, Ketua Penggerak PKK Kecamatan Cileunyi, para kepala desa dan unsur lainnya.

Tema HUT ke-79 tahun ini adalah "Nusantara Baru Indonesia Maju, " mencerminkan tekad untuk terus maju dan berkembang sebagai bangsa.

Kapolresta Bandung Kombes Kusworo melalui Kapolsek Cileunyi Kompol Rizal Adam Al Hasan mengatakan, kehadiran dalam mengikuti upacara ini adalah sebagai wujud nasionalisme terhadap perjuangan para pahlawan dalam merebut Kemerdekaan Negara Republik Indonesia.

"Ini merupakan momen yang penting dan penuh makna dan harus terus dipertahankan karena tepat ditanggal 17 Agustus para perjuangan meraih Kemerdekaan Republik Indonesia. Merdeka,” ucap Rizal Adam

"Alhamdulillah pelaksanaan upacara Bendera dalam rangka memperingati HUT ke-79 RI yang ke 79 berjalan dengan penuh hikmat dan lancar," kata Rizal.

Terkait karnaval baik Kapolsek Cileunyi atau Camat Cileunyi, Cucu Endang tidak dipusatkan di satu titik dari 6 desa di Kacamatan Cileunyi.

"Karnaval atau arak-arakan diselenggarakan di masing-masing desa tidak digabung. Ini untuk menghindari kemacetan fatal di jalan nasional," kata Cucu.

Sementara itu, karnaval yang diselenggarakan di Desa Cinunuk dipusatkan di lapangan Cendol RW 10 Sukahayu, Desa Cinunuk. Karnaval menampilkan sejumlah atraksi seni atau kamonesan.

"Pemdes Cinunuk mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Desa Cinunuk atas partisipasinya. Alhmahdulillah karnaval berjalan aman, lancar dan sukses," kata Kades Cinunuk, Edi Juarsa.**

Author: Yayan Sofyan
Editor: Yayan Sofyan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Peringati HKG ke-52, Bupati Bandung:Jangan Lepas Peranan PKK dalam Pembangunan
Crazy Sale Diskon Hingga 80 Persen di Festival Citylink, Ini Dia Daftar Merchantnya
Senin Lusa 50 Anggota DPRD KBB Dilantik 50% Wajah Baru, Inilah Daftarnya
Disdagin Raih Penghargaan Sebagai Pendorong Promosi UMKM dan Produk Lokal
Serap Aspirasi Buruh, Dewan Pengupahan dan Disnaker Kota Bandung Adakan Rakor