Kapan Perbaikan Jalan Amblas yang Menghubungkan Dua Desa di Cileunyi Tak Jelas?

  • Gaiskha
  • Selasa, 3 September 2024 | 19:45 WIB
foto

Yayan Sofyan

Dua bulan jalan Ciwaru yang menghubungkan Desa Cinunuk-Cimekar, Kec. Cileunyi yang amblas hingga kini belum diperbaiki

CILEUNYI, KejakimpolNews.com - Meski Camat Cileunyi, Cucu Endang mengatakan perbaikan Jalan Ciwaru yang menghubungkan Desa Cinunuk-Cimekar, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung segera dilakukan ternyata tak jelas.

Pasalnya, perbaikan jalan yang amblas tersebut tidak ada pada list Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Bandung.

Irma, Kasi Pembangunan Kecamatan Cileunyi ketika dikonfirmasi membenarkan jika perbaikan jalan Ciwaru yang amblas tak ada list di DPUTR Kabupaten Bandung.

"Tadi saya koordinasi dengan UPTD PUTR Cileunyi dan Korwil Bidang Jalan DPUTR Kabupaten Kabupaten Bandung ternyata untuk perbaikan jalan Ciwaru yang amblas tak ada di list DPUTR,"kata Irma kepada KejakimpolNews.com, Selasa (3/9/2024).

Menurut Irma, setelah berkoordinasi lebih lanjut dengan Bidang Jalan wilayah Kecamatan Cileunyi, untuk kegiatan mendesak perbaikan jalan Ciwaru yang amblas ternyata tidak di ACC oleh Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Bandung.

"Perbaikan jalan Ciwaru yang amblas harus diajukan kembali atas kondisi darurat dan desakan masyarakat. Seharusnya apa yang sudah dijanjikan DPUTR diberitahu dulu ke pihak kecamatan agar bisa menjelaskan ke masyarakat terkait ada penolakan dari BAKD tersebut," tutup Irma.

Diberitakan, Camat Cileunyi, Kabupaten Bandung, Cucu Endang mengatakan, terkait jalan Ciwaru yang amblas masuk wilayah Desa Cimekar yang menghubungkan Desa Cinunuk-Cimekar, Kecamatan Cileunyi meski masih belum diperbaiki sudah ada progres.

"Jalan yang amblas memang belum diperbaiki. Mudah-mudahan dalam waktu dekat segera diperbaiki oleh dinas terkait di Pemkab Bandung," kata Cucu Endang kepada KejakimpolNews.com, Senin (2/9/2024).

Menurut Cucu, perbaikan jalan Ciwaru sudah ada di list DPUTR Kabupaten Bandung yang akan dikerjakan pada semester 4 antara bulun November-Oktober 2024 mendatang.

"Meski status Jalan Ciwaru jalan desa, yang akan memperbaiki DPUTR Kabupaten Bandung karena ini kebencanaan. Berharap saja masyarakat bersabar karena begitu kejadian langsung dilaporkan ke dinas terkait di Pemkab Bandung," ungkap Cucu.

Dua bulan lalu jalan Ciwaru yang merupakan akses penghubung Desa Cinunuk-Cimekar, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung amblas hingga saat ini masih belum juga diperbaiki.

Dari pantauan KejakimpolNews.com, jalan yang amblas tersebut berada di perbatasan Desa Cinunuk-Desa Cimekar, tepatnya masuk wilayah Desa Cimekar berbatasan Kampung Cijambe RT05/07, Desa Cinunuk ini hanya dipasangi bambu seadanya.

Jalan yang amblas tersebut nyaris setengah badan pinggir dan pinggir jembatan Sungai Ciwaru. Kini jalan tersebut tak bisa dilalui kendaraan roda 4 dan jika dibiarkan amblasnya jalan akan meluas.

"Tidak tahu kapan jalan yang amblas akan diperbaiki. Diketahui, jalan ini jalur penting menghubungkan dua desa dan kerap dilalui masyarakat dan anak-anak sekolah,"kata sejumlah warga Kampung Cijambe RW 07 Desa Cinunuk.

Mereka menyayangkan sudah dua bulan jalan amblas pemerintah membiarkan. Jangankan perbaikan katanya, pengamanan di lokasi jalan yang amblas pun seadanya.

"Kami berharap jalan amblas segera diperbaiki. Pasalnya jika dibiarkan amblas akan semakin parah dan jika malam hari motor khawatir terjerembab ke jalan yang amblas,"turur seorang warga Kampung Cijambe, Desa Cinunuk.**

Author: Yayan Sofyan
Editor: Yayan Sofyan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Pilkada Serentak 2024, Pj.Wali Kota Berharap Bandung Aman, Kondusif dan Sejuk
MarkPlus Institute Ganjar Pemkab Bandung 4 Penghargaan Sekaligus
Pelaksanaan Pilkada Usai Diputus MK, KPU Kab. Bandung Tunggu Arahan KPU Pusat
TP PKK Kota Bandung Masuk Nominasi Tiga Kategori Lomba PKK Jabar
Senin Besok, 55 Anggota DPRD Kab. Bandung Dilantik, Ini Harapan Caleg Terpilih