Diksar PB Kota Bandung Sosialisasi Penanganan Bencana di Kelurahan Panjunan

foto

Asep Rachmat Hidayat

Kepala UPT wilayah Selatan, Asep Mulyono dan Lurah Panjunan, H. Iya Sunarya beserta peserta usai acara Sosialisasi Kelurahan Tangguh Kebakaran dan Bencana di Aula Kelurahan Panjunan. Kecamatan Astanaanyar. Kota Bandung.

BANDUNG, KejakimpolNews.com - Penanganan kebakaran maupun bencana alam laianya di Kota Bandung, harus dilakukan dengan cepat karena hitungannya detik.

Hal itu dikatakan Kepala UPT wilayah Selatan, Asep Mulyono yang didampingi Lurah Panjunan, H.Iya Sunarya pada acara Sosialisasi Kelurahan Tangguh Kebakaran dan Bencana se Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung. Jawa Barat, Rabu (11/9/2024).

Menurut Asep Mulyono, melalui program Sosialisasi Kelurahan Tangguh Kebakaran dan Bencana ini, Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam penanganannya, sebelum petugas Diskar PB datang ke lokasi kebakaran.

"Berdasarkan data yang tercatat di UPT wilayah Selatan dengan diselenggarakannya program tersebut, membawa dampak positif, yakni kejadian kebakaran yang terjadi di wilayah UPT Selatan itu, sekitar 35 persen yang berhasil dipadamkan oleh masyarakat," ujar Asep Mulyono.

Asep menjelaskan, meski api sudah dipadamkan oleh masyarakat, petugas saat tiba di tempat kejadian perkara (TKP) tetap berkewajiban untuk melakukan pendinginan untuk memastikan bahwa titik api benar benar telah padam.

Bahwa UPT wilayah Selatan itu meliputi 5 kecamatan, yakni Babakan Ciparay, Bojongloa Kidul, Astanaanyar, Lengkong dan Bandung Kidul, pelaksanaan acara ini akan diselenggarakan ke setiap kelurahan.

Sebanyak 50 orang, terdiri dari para Ketua RW, LPM, Tim Penggerak PKK, Karang Taruna, Babinsa, Babinkamtibmas dan Linmas tersebut.

"Para peserta diberikan pengetahuan dasar tentang cara menghadapi bahaya kebakaran maupun Bencana , apabila terjadi di daerahnya masing masing, sehingga mereka bisa mengatasinya secara dini sebelum petugas Diskar PB Kota Bandung datang ke lokasi," papar Asep Mulyono. **

Author: Asep Rachmat Hidayat
Editor: Asep Rachmat Hidayat

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Kab. Bandung Siaga Darurat Kekeringan dan Karhutla Bupati DS: Butuh Air Bersih Segera Lapor ke Desa
Sudah Dilantik, Kiprah Legislator Dapil 3 Ditunggu Tangani PR Cileunyi "Masagi"
Alhamdulillah, Jalan Ciwaru yang Amblas Penghubung 2 Desa di Cileunyi Pekan Ini Diperbaiki
Program Unggulan Kota Bandung P2WKSS Berikan Bantuan Stimulan Perbaikan 9 Unit Rumah di Kelurahan Sukagalih
Saat Pawai Kendaraan Hias, Pemkot Bandung Imbau Warga Gunakan Transportasi Umum dan Jaga Kebersihan