Pendidikan Politik Jelang Pilkada 2024, Pj Wali Kota: Seluruh Masyarakat Bandung Adalah Pelaku Sejarah

  • Gaiskha
  • Jumat, 13 September 2024 | 13:16 WIB
foto

Foto: Humas Pemkot Bandung.

Pj. Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono saat kegiatan Pendidikan Politik terkait Pilkada Serentak di Hotel Horison, Kamis 12 September 2024.

SOLO, KejakimpolNews,com - Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono menyebut, seluruh masyarakat Kota Bandung adalah pelaku sejarah pada Pilkada Serentak 2024 mendatang. Oleh karenanya, ia meminta semua pihak bahu membahu mewujudkan Pilkada Serentak yang damai dan sejuk.

Ia mengingatkan fakta sejarah pemilihan umum di Kota Bandung yang selalu berlangsung damai dan kondusif. Selain itu, angka partisipasi pemilih Kota Bandung selalu mencatatkan angka tinggi.

"Kita adalah pelaku sejarah dalam perjalanan demokrasi sepanjang 79 tahun Indonesia berdiri. Untuk pertama kalinya di tahun 2024 ini, Pilkada dilaksanakan serentak," ujar Bambang dalam kegiatan Pendidikan Politik dalam rangka Membangn Kesadaran Politik untuk Pilkada Serentk yang Damai dan Demokratis di Hotel Horison, Kamis 12 September 2024.

"Sepanjang sejarah, Pemilu ataupun Pilkada di Kota Bandung selalu berjalan kondusif. Terakhir pada Februari 2024, kita bergandengan tangan untuk mewujudkan itu. Dan pada 27 November nanti, ayo kita wujudkan Pilkada Serentak 2024 yang damai dan sejuk," ajaknya.

Bambang mengakui, sejumlah tantangan bakal dihadapi masyarakat Kota Bandung pada Pilkada Serentak 2024. Antara lain jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berjumlah 3.576 yang lebih sedikit dari era Pilpres 2024.

TPS ini akan menjadi tempat pemungutan suara sebanyak 1.872.381 Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Bandung.

"Jumlah TPS-nya lebih sedikit dibanding era Pilpres, tapi daftar pemilihnya mungkin akan lebih banyak. Ini tantangan untuk mewujudkan Pilkada yang damai dan sejuk," pesannya.

Ia juga memberi pesan agar semua pihak bahu membahu meningkatkan angka partisipasi pemilih. Sebagai gambaran, pada Pilpres 2024, angka partisipasi pemilih Kota Bandung berada di 82,9 persen.

"Cita-cita Kota Bandung berada lebih dari 90 persen (partisipasi). Mari wujudkan bersama," ajaknya.

Sementara itu, Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Bandung, Sony Teguh Prasatya menyebut, maksud dan tujuan kegiatan Pendidikan Politik ini antara lain untuk meningkatkan kesadaran politik masyarakat mengenai pelaksanaan Pilkada Serentak yang damai adil demokratis.

"Selain itu, untuk memberi info yang tepat mengenai hak dan kewajiban pemilih serta mendorong partisipasi aktif masyarakat Pilkada Serentak 2024," ujar Sony.

Sebagai informasi, kegiatan ini diikuti 321 peserta dari Forum Pembauran Kebangsaan, Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat, MUI Kota Bandung, TP PKK Kota Bandung, serta organisasi kemasyarakatan di Kota Bandung.**

Author: Gaiskha
Editor: Maman Suparman

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Hari Jadi Kota BAndung 214, Kimia Farma Apotek Diskon Hingga 80 Persen di Bandung Great Sale 2024
Senin Lusa 50 Anggota DPRD KBB Dilantik 50% Wajah Baru, Inilah Daftarnya
Camat: Sabar, Jalan Ciwaru yang Amblas Menghubungkan Dua Desa di Cileunyi Segera Diperbaiki
Bandung Great Sale 2024 Dibuka, Gaskeun Berburu Diskon Hingga 80 Persen di Akhir Pekan!
"Bedas Lanjutkan" Daftar ke KPU Kab.Bandung di Hari Akhir