Ini Kata Bawaslu

Baligo "Bedas Lanjutkan", "Alus Pisan" Marak dan Dugaan Kades di Cileunyi Main Mata

foto

Yayan Sofyan

Baligo bakal calon Bupati/Wakil Bupati Bandung marak di sejumlah tempat padahal belum waktunya kampanye, termasuk di kawasan bekas Terminal Cileunyi ini.

CILEUNYI, KejakimpolNews.com - Maraknya baligo pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati Bandung terpasang di sejumlah titik dan ada seorang kades di Cileunyi "main mata", jelang pilkada Bandung direspon Ketua Bawaslu Kabupaten Bandung, Kahpiana.

Menurut Kahpiana, maraknya pemasangan baligo paslon di banyak titik di Kabupaten Bandung, termasuk di wilayah Kecamatan Cileunyi penertibannya ada di ranah Satpol PP.

"Soal maraknya pemasangan baligo yang belum masa kampanye sudah koordinasi dan pendekatan dengan Satpol PP karena terkait Perda K3, kata Kahpiana kepada KejakimpolNews.com, Senin (16/9/2024).

Menurut Kahpina, jika masuk tahapan kampanye, zonasi pemasangannya belum ada SK dari KPU. Nanti kata Kahpiana, saat tahapan kampanye ada zonasi pemasangan baligo paslon.

Ketika ditanya soal adanya dugaan seorang oknum kades di Kecamatan Cileunyi "main mata" alias menggiring ke masyarakat agar mendukung ke salah satu paslon di salah satu kegiatan, Kahpiana mengaku sudah menerima laporannya.

"Sudah mengetahui dan ada laporannya soal dugaan seorang oknum kades main mata. Sedang ditelusuri dan ditelaah kasus dugaan oknum kades main mata jelang pilkada tersebut," katanya.

Diberitakan, baligo kedua paslon "Bedas Lanjutkan" bergambar bacabup dan bacawabup Bandung, Dadang Supriatna-Ali Syakieb dan "Alus Pisan" bergambar Sahrul Gunawan-Gun Gun Gunawan kini terpasang di banyak titik di wilayah Kabupaten Bandung.

Baligo paslon "Bedas Lanjutkan" dan "Alus Pisan" ini terpasang baik di pinggir-pinggir jalan-jalan desa, kabupaten ataupun jalan nasional (protokol). Bahkan ada yang terpasang di billboard ukuran besar.

Berdasarkan pantauan KejakimpolNews.com, Rabu (11/9/2024), di wilayah Bandung timur di antaranya Cileunyi dan Rancaekek, baligo tersebut terpasang di jalan desa, kabupaten dan jalan nasional. Termasuk disekitar kawasan bekas Terminal Cileunyi.

Diketahui, jelang pilkada Bandung 27 November 2024 mendatang, dua pasangan bacabup/bacawabup Bandung, "Bedas Lanjutkan" dan "Alus Pisan" telah mendaftar ke KPU Bandung dan telah pula melakukan pemeriksaan kesehatan (rikes) serta telah melengkapi berkas administrasi.

Pasangan bacabup/bacawabup Dadang-Supriatna-Ali Syakieb (Bedas Lanjutkan) diusung PKB, Demokrat, Gerindra, Nasdem, PAN, PDIP dan sejumlah parpol nonparlemen.

Sedangkan pasangan bacabup/bacawabup Sahrul Gunawan-Gun Gun Gunawan (Alus Pisan) diusung Golkar, PKS dan sejumlah parpol nonparlemen.

Kedua pasangan bacabup/bacawabup Bandung ini, 22 September ditetapkan dan 23 September 2024 mendatang dan pengundian nomor urut oleh KPU Kab. Bandung.**

Author: Yayan Sofyan
Editor: Yayan Sofyan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Minat Jadi Anggota KPPS pada Pilkada, KPU Kab. Bandung Buka Pendaftaran 17-28 September 2024
Bupati DS: Percepatan Pencairan Keuangan dari APBD dan APBN Kuncinya di Operator Desa
PT KAI Daop II Beri Diskon 20 Persen untuk Tiket Kereta Selama Bandung Great Sale 2024
Camat: Sabar, Jalan Ciwaru yang Amblas Menghubungkan Dua Desa di Cileunyi Segera Diperbaiki
Pawai Kendaraan Hias HJKB 214: Catat Jadwal Rutenya dan Meriahkan!