Arus Mudik Nataru

Langgar Prokes Polresta Bandung Amankan 3 Angkum

foto

Yayan Sofyan

Angkutan umum Elf yang mengangkut melebihi penumpang dan melanggar Prokes, terpaksa diamankan dalam Operasi Lilin di Jalur Jalan Raya Cileunyi - Garut.

BANDUNG.KejakimpolNews.com. Karena tidak mematuhi aturan protokol kesehatan (prokes), sejumlah angkutan umum (angkum) jurusan Bandung-Garut diamankan Satlantas Polresta Bandung, Minggu (3-1-2021) malam pukul 20.15 WIB.

Kapolresta Bandung Kombes Pol Hendra Kurniawan melalui Kasat Lantas Polresta Bandung, Kompol Erik Bangun Prakasa ketika dikonfirmasi KejakimpolNews.com via telepon selulernya, Senin (4-1-2020) membenarkan diamankannya angkum tersebut.

"Angkum diamankan karena melanggar ketentuan isi penumpang saat pandemi Covid-19, apalagi membawa muatan barang melebihi kapasitas yang semestinya sehingga membahayakan kesehatan penumpang," terangnya.

Menurut Erik malam tadi pihaknya mengamankan tiga angkum jenis Elf karena melanggar prokes. Mereka distop di kawasan Dangdeur Rancaekek saat pemantauan arus balik libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) pada operasi Lilin Lodaya 2021.

Menurut Erik, salah satu pelanggaran yang mudah dilihat pada angkutan umum adalah jumlah penumpangnya. Kapasitas maksimal kendaraan adalah 15 penumpang atau 50 persen dari isi maksimal kendaraan terlebih di masa pandemi Covid-19 saat ini. Namun ini dipaksakan mengangkut 33 penumpang.

Juga, lanjut Erik, banyak penumpang yang tak mengenakan masker dantidak menerapkan jaga jarak (physical distancing) padahal jarak tempuh cukup jauh kurang lebih 6 jam perjalanan dari kecamatan Cisompet Kabupaten Garut Ke wilayah Cileunyi Kabupaten Bandung.

Erik meminta penguna transportasi umum untuk tetap mematuhi protokol kesehatan di saat bepergian, kedepankan keselamatan berkendara dan penumpang. "Kita tegaskan lagi, selama pandemi Covid-19, transportasi untuk pergerakan orang dan barang dibatasi jumlahnya sebesar 50 persen. Bila memang di lapangan ditemui masih ada pelanggaran, kami tidak segan-segan untuk melakukan penindakan langsung," tandas Erik.**

Editor : Yayan Sofyan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Satgas Cileunyi Kompak Ajak Semua Pihak Lawan Covid-19
Kang Yana, " Hayu Divaksin Covid-19"
Wali Kota Bandung Lantik 9 Pejabat Pimpinan Tinggi Baru
Kecamatan Rancasari dan Coblong Terapkan PPKM Mikro
Pemkot Bandung Imbau Para Lansia Lengkapi Data untuk Vaksinasi Covid-19