Covid-19 Kian Mengkhawatirkan

Pemkot Bandung Segera Tutup Tempat Hiburan dan Objek Wisata, Pengunjung Mal dan Hotel Dibatasi

foto

Tangkapan layar/istimewa

WALI Kota Bandung Oded M.Danial sedang memberi keterngan pers terkait kebijakan yang akan diambil Pemkot Bandung mencegah meluasnya Covid-19 di Bandung

BANDUNG, KejakimpolNews.com.- Wali Kota Bandung, Oded M Danial, Rabu (16/6/2021) menggelar rapat terbatas (ratas) bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Bandung di Balai Kota.

Ratas digelar terkait melonjaknya sebaran Covid-19 yang cukup signifikan di Kota Bandung. Oded menyebut, sebaran Covid-19 di Kota Bandung melonjak begitu signifikan dalam sebulan ini.

Di pertengahan Mei, kata Oded kasus terkonfirmasi positif ada 750 dan saat ini naik hampir tiga kali lipat. Data terakhir sampai Rabu (16/6/2021) tercatat 21.280 orang terkonfirmasi aktif.

Terkait dengan itu, Pemkot Bandung kembali mengeluarkan kebijakan memperketat aktivitas warga Kota Bandung. Aktivitas di Mall, pasar tradisional dan tempat umum lainnya dibatasi. Sementara tempat hiburan dan destinasi wisata ditutup selama 14 hari ke depan.

Oded meminta mulai Kamis besok hingga 14 hari ke depan Kota Bandung pihaknya memberlakukan Work From Home (WFH) 50 persen. Sementara uji coba atau simulasi sekolah pembelajaran tatap muka (PTM) agar dihentikan dulu.

Dibahas pula bahwa narsi ke publik tentang kondisi pandemi Covid-19 di Kota Bandung agar tidak meresahkan masyarakat. Sementara itu kondisi relaitistis tentang bed occupancy rate (BOR) atau ketersediaan tempat tidur di rumah sakit di Bandung sudah mencapai 89,1%.

Dinas kesehatanpun harus mampu menampilkan zona kewaspadaan tiap kecamatan, kelurahan, RW hingga level RT sesuai PPKM Instruksi Mendagri nomor 11 tahun 2021. Bahkan mulai kamis besok sesuai instruksi Gubernur Jawa Barat, penutupan jalan di Kota Bandung akan diperluas. 

Dalam ratas bersama Forkopimda itu juga dibahas beberapa kebijakan dalam menentukan sejumlah langkah penanganan virus Corona di Kota Bandung. Berikut beberapa kebijakan Pemkot Bandung yang dibahas dalam ratas tersebut, dan akan diberlakukan mulai Kamis (17/6/2021) besok hingga 14 hari ke depan:

1. Tempat hiburan malam dan tempat wisata ditutup.

2. Pertemuan di Hotel, Wedding party di hotel/gedung dll ditiadakan.

3. Restoran, kafe, rumah makan/PKL hanya take away (tidak boleh makan ditempat).

4. Jam operasional mall/ruko/toko modern hanya sampai pukul 19.00.

5. Jam operasional pasar tradisional hanya sampai pukul 10.00.

6. Pelaksanaan simulasi PTM ditiadakan.

7. Akad nikah hanya diperbolehkan sebanyak 50 orang.

8. Kunjungan tamu/perjalanan dinas dari luar Bandung, ditolak/ditunda.

9. Penutupan jalan diperluas.

10. Work From Home (WFH) 50%.**

Editor: Dede Suryana

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Pilkades Serentak dan PAW Bisa Digelar 11 Agustus, Tapi Semua Harus Patuh Prokes
7 Bacalon Kades Cinunuk Tandatangani Fakta Integritas
Warga Bandung Keberatan Perpanjangan PPKM, Oded Siap Layangkan Surat ke Pusat
Wali Kota Pastikan Pasokan Oksigen untuk Rumah Sakit di Bandung Aman
Serbuan Vaksinasi Massal Kodim 0624/Kabupaten Bandung