21 Nakes Kota Cimahi Juga "Tumbang" Diserang Covid-19

foto

Asep Rachmat Hidayat

KEPALA Dinas Kesehatan Cimahi, Pratiwi.

CIMAHI, KejakimpolNews.com - Setelah Kabupaten Bandung mengungkap banyaknya tenaga kesehatan (Nakes) yang terpapar Covid-19, sebelumnya nakes Kota Cimahi juga senasib. Sebanyak 21 nakes di lingkungan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi juga dinyatakan positif terpapar Covid-19.

Para naker yang "bertumbangan" terpapar Covid-19 itu kebanyakan yang bertugas melayani pasien Covid-19, seperti yang bertugas di rumah sakit, Puskesmas, klinik dan fasilitas kesehatan lainnya. Kini mereka ada yang dirawat di RS ada yang menjalani isolasi mandiri di rumahnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Cimahi, Pratiwi mengatakan, awalnya mereka sempat mengeluhkan gejala sakit ringan, namun berdasarkan pemeriksaan tidak ada gejala dan kondisi sehat, sehingga mereka hanya menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing, hanya seorang yang sedang menjalani isolasi di rumah sakit.

"Sumber penularan Covid-19 terhadap nakes itu belum diketahui secara pasti, ada berbagai kemungkinan yang bisa menyebabkan terjadi itu, seperti tertular dari pasien, pengunjung bahkan dari keluarganya atau bisa juga karena mereka kelelahan sehingga imun tubuhnya turun, mengingat akhir akhir ini tugas mereka semakin berat", ujar Pratiwi, Jumat (18/6/2021).

Kadinkes Kota Cimahi menjelaskan, mengingat sekarang ini kasus Covid-19 terus melonjak, jadi tugas para naker yang merupakan garda terdepan dalam penanganan penyakit ini semakin berat, walaupun mereka dalam bertugas memakai APD lengkap dan menerapkan protokol kesehatan.**

Editor: Maman Suparman

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Bandung Masih Diguyur Hujan, BMKG Minta Warga Waspada Bencana
Bergaya Arsitektur Tionghoa, Masjid Lautze 2: Pusat "Log In" di Kota Bandung
Inilah 50 Caleg yang Berpeluang Meraih Kursi DPRD Kota Bandung
Bandung Mengaji: Umat Cerdas Tak Mudah Termakan Hoaks, Saring Berita Sebelum Sharing
PKB "Penguasa Baru" di Kabupaten Bandung, Kursi DPR RI dan DPRD Naik Dua Kali Lipat