20 Warga Garut Penyandang Disabilitas Peroleh Pendidikan Daur Ulang Kertas

foto

Cang Anwar

KETUA Dewan HWDI Cabang Garut, Yesi Endah Sundari (atas). Para peserta tengah mendapatkan penjelasan mengenai tata cara daur ulang kertas bekas untuk dijadikan produk bernilai tinggi (bawah).

GARUT, KejakimpolNews.com - Sebanyak 20 orang penyandang disabilitas dari kaum Hawa, mendapat pendidikan keterampilan mendaur ulang kertas selama lima hari bertempat di aula Perhimpunan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Jalan Pembangunan Tarogong Kidul Garut.

Menurut penjelasan panitia penyelenggara, acara ini dimulai sejak 6 hingga 10 September 2022 mendatang. Ketua Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI) Kabupaten Garut, Yesi Endah Sundasarimengatakan, program pendaur ulang kertas bekas untuk dijadikan sebauh produk yang bernilai tinggi ini bertujuan agar para penyandang disabilitas di kalangan kaum perempuan tidak hanya diikuti oleh kaum Hawa saja tetapi laki - laki pun sama dilibatkan.

Tujuannya agar mereka .nantinya bisa hidup mandiri. Sedangkan penyelenggaraan diklat ini dilaksanakan secara kerja sama antar HWPDI dengan Perkebunan.

"Hasil dari daur ulang kertas limbah tersebut nantinya dijadikan kotak untuk kemasan tisu dan yang lainnya dengan penjualan hasil produk itu bisa dinikmati oleh mereka," tutur Yesi.

Sementara itu Kepala Sub Bagian Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan PTPN VIII,Veny Octariviani,menjelaskan bahwa pihaknya melakukan kerja sama dengan pihak HWPDI Cabang Garut tersebut bertujuan untuk memnberikan bekal ilmu kepada para disabilitas agar bisa hidup mandiri sesuai dengan kapasitasnya.

Nantinya tambah Veny, akan menjadi bekal untuk hidup lebih baik serta tidak tergantung kepada orang lain. Pada kesempatan itu pula Veny berharap melalui pelatihan ini para penyandang disabilitas bisa lebih berkarya, mandiri dan mengembangkan usaha yang memang sesuai dengan kapasitas yang dimiliki. (Cang Anwar)**

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Babinsa Ujung Tombak TNI AD Jaga nama Baik Institusi
Minat Warga Indramayu Beli Beras Murah Cukup Tinggi
Indramayu Raih Penghargaan Daerah Kontribusi Perikanan Terbesar di Jabar
Giliran Forum Masyarakat Peduli Garut Minta Pasca-Pemilu Jaga Kondusifitas
Dandim Kuningan Kunker ke Koramil Cigugur