50 Kampung dan 17 Kampus Tertib Lalu Lintas se-Indonesia Siap Dilaunching

foto

H. Wawan Hermawan, Jr

KAMPUNG TERTIB - Bupati Kuningan H. Acep Purnama, S.H.,M.H., dan Kapolres Kuningan AKBP Dhany Aryanda, S.I.K, melaunching Kampung Tertib Lalu Lintas Desa Padarek, Kecamatan Kuningan Selasa (13/9/2022).

KUNINGAN, KejakimpolNews.com - Bupati Kuningan H. Acep Purnama, S.H.,M.H., dan Kapolres Kuningan AKBP Dhany Aryanda, S.I.K, melaunching Kampung Tertib Lalu Lintas Desa Padarek, Kecamatan Kuningan, secara simbolis ditandai penandatanganan prasasti di atas batui dan penerbangan puluhan balon warna warni, Selasa (13/9/2022).

Acara launching dihadiri Kasubdit Dikmas Ditkamsel Korkantad Polri Kombes Pol. Arman Achdiat, SIK.,M.Si., bersama jajaran selaku Tim Penilai Kampung Tertib Lalu Lintas, Camat Kuningan Didin Bachrudin dan Kepala Desa Padarek Nana Sukmana beserta staf.

Kapolres AKBP Dhany Aryanda dalam kata sambutannya mengatakan, budaya tertib berlalu lintas sudah dipahami oleh masyarakat dari jenjang pendidikan SMA ke atas. Budaya merupakan suatu sikap dan perilaku tentang apa yang dilakukan sehari-hari atau kebiasaan.

“Budaya tertib berlalu lintas merupakan urat nadi kehidupan. Jadi kalau kita bicara masalah urat nadi kehidupan berarti merupakan suatu kebutuhan yang prima. Kita berperan menciptakan suatu kondisi lalu lintas yang aman, selamat, tertib dan lancar menurut undang-undang," kata Kapolres.

"Kita bisa meningkatkan keselamatan berlalu lintas dan menurunkan tingkat fatalitas korban. Kesadaran-kesadaran ini lah yang harus di hidupkan oleh masyarakat. Apabila tidak ada kesadaran dalam berlalu lintas, saya yakin masih ada beberapa perlanggaran-pelanggaran sehingga mengganggu aktivitas-aktivitas,” ujar Kapolres menambahkan.

Hal senada disampaikan Bupati Kuningan Acep Purnama. Kata bupati,   warga Desa Padarek harus bersyukur karena telah dipilih menjadi salah satu kampung tertib lalu lintas. dan masyarakat diminta untuk menjaga label sebagai kampung yang tertib dalam berperilaku di jalan.

“Tidak akan terpilih sebagai kampung tertib lalu lintas dari sekian banyak desa jika tidak melalui evaluasi oleh Polres Kuningan, olehnya itu, saya minta kepada masyarakat untuk senantiasa tertib dalam berlalu lintas,” ujar bupati.

Sementara itu, Kasubdit Dikmas Dit Kamsel Korlantas Polri, Kombes Pol Arman Achdiat dalam keterangan persnya, mengakui jika program kampung tertib lalu lintas merupakan salah satu program korlantas polri yang sudah berjalan lama. Yakni melakukan penilaian terhadap sebuah wilayah karena memiliki kampung yang tertib berlalu lintas.

“Program ini sudah kita canangkan sejak tahun 2015, namun agak tertunda karena adanya pandemi, sehingga mulai tahun ini hingga selanjutnya, kita melakukan penilaian di seluruh wilayah Indonesia,” ucapnya.

Dikatakan, saat ini sudah ada sebanyak 50 kampung tertib lalu lintas di seluruh tanah air. Bahkan sebanyak 17 kampus tertib lalu lintas diantaranya telah melalui proses penilaian. Penilaian paling tinggi ujar Arman, akan diberikan bagi kampung tertib lalu lintas, langsung diinisiasi oleh masyarakat setempat.

Sehingga membuat suatu kawasan tertib lalu lintas di kampung sendiri, ujar Kombes Pol.Arman. Launching desa Tertib Lalu lintas ditandai pemasangan Pin sebagai pelopor keselamatan berlalu lintas oleh Kombes Pol Arman Achdiat kepada Bupati Acep Purnama, Kepala Desa Padarek Nana Sukmana dan sejumlah elemen masyarakat Desa Setempat. (H.Wawan Jr)**

Editor : Maman Suparman

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Desa Cangkingan, Desa Digital Pertama di Indramayu Lakukan 35 Layanan Mandiri
Cheka Virgowansyah Dilantik Jadi Pj. Wali Kota Tasikmalaya
Ketua IPHI Jabar Lantik H. Rizqi Amali Rosyadi Jadi Ketua IPHI Indramayu
Bupati Indramayu Gendong Bayi di Lokasi Gempa Cianjur
Kabupaten Tangerang Juara Umum MTQ Ke-19 Provinsi Banten