Media Gathering di Pangandaran

Antara Wartawan dan Bukan Wartawan Beda-Beda Tipis

foto

H. Wawan Hermawan, Jr

MEDIA GATHERING. Ketua DPRD Kabupaten Kuningan Nuzul Rachdy bersama awak media di Pangandaran.

KUNINGAN, KejakimpolNews.com - Profesi wartawan dan bukan wartawan di era dunia digitalisasi saat ini, sebenarnya beda-beda tipis (Betis). Wartawan menjalankan tugas sesuai dengan profesinya untuk menyiarkan berita hasil liputannya, ada medianya, ada publik pembacanya, dan juga ada badan hukum serta ditunjang payung hukum berupa undang-undang dan kode etik profesi.

Sedangkan yang bukan wartawan tentu saja tak terkait syarat di atas, jikapun senang menulis dan menyampaikan  informasi atau materi bukan melalui media pers, tetapi atas nama pribadi, di antara ada yang disebut netizen. Ia menulis lewat akun pribadinya untuk menyampaikan berita, melalui beberapa aplikasi seperti Facebook, Twitter, WhatsApp, instagram maupun dan media sosial (medsos) lainnya. Artinya sama saja dalam hal menyampaikan informasi.

Hal ini dikatakan Ketua DPRD Kuningan Nuzul Rachdy,S,E., saat 'Media Gathering' dengan para wartawan Kuningan di salah satu hotel di Pangandaran, 2 - 3 November 2022.

"Menengok kondisi zaman dulu dan sekarang sebenarnya tak jauh beda, manakala mendapat amanah menjadi pejabat, harus siap menghadapi risiko yang ada, baik itu kritik saran pendapat, sosial kontrol dan lainnya dari wartawan," ungkap Zul sapaan akrabnya.

Terkait hal ini seorang pejabat harus bisa menempatkan diri. Tidak perlu alergi bila didatangi dan dikritik wartawan. Hal ini Sambung Zul, guna perbaikan kinerja dalam program pembangunan khususna yang ada di Kabupaten Kuningan.

Zul yang mengaku sempat menggeluti dunia jurnalistik di era tahun 1997-an berharap kepada media untuk menyampaikan berita secara utuh, akurat dan berimbang. Artinya jangan terjadi salah informasi, di saat menerima informasi awal ternyata jauh berbeda dengan apa yang diberitakan di media, tegas Ketua DPRD yang 'tahan Banting' ini meski kerap dihujat publik.

Sementara itu, media gathering ini akan diagendakan setiap tahun dan merupakan ajang silaturahmi guna menjalin sinergitas antara pimpinan DPRD bersama awak media.** (H. Wawan Jr)

Editor Maman Suparman

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Balap Liar di Jalan Raya Sawahlega Makin Meresahkan, Polsek Wanaraja Garut Amankan Belasan Penggiat
Kepala BNNK Kuningan, Kombes. Pol. Kombes.Pol. Yaya Satyanegara Tuangkan Program Melalui Buku
Banjir di Cirebon Makin Meluas Hingga Menggenangi 9 Kecamatan
Gerakan Tanam Cabai Digaungkan di Indramayu
Ancaman DBD Meningkat di Garut, Faktor Curah Hujan Tinggi jadi Penyebab Utama