Hari Jadi ke-526, Masyarakat Akur dan Makmur Ngawangun Kuningan

foto

Foto: Whyr

Panji keberhasilan Ngawangun Kuningan

KUNINGAN, KejakimpolNews.com - Hari ini Kabupaten Kuningan berusia 526 tahun (1 September 1498-2024). Peringatan Hari Jadi adalah sebagai penanda waktu dan rekam jejak perjalanan sejarah yang panjang.

Catatan sejarah dan pengabdian para pendahulu yang sangat luar biasa. Asa dan semangat generasi kini maupun mendatang untuk kuningan yang lebih makmur, adil merata dan sejahtera.

Hal itu disampaikan Pj. Bupati Kuningan R. Iip Hidajat, saat Rapat Paripurna DPRD, memperingati Hari Jadi ke 526 Kuningan, di Gedung DPRD, Ahad 01 Agustus 2024.

Pj Bupati Iip Hidayat mangatakan, sesuai tema peringatan Hari Jadi ”Akur, Makmur, Ngawangun Kuningan”. Masyarakat Kabupaten Kuningan dikenal sebagai warga yang guyub, individu yang mau dan mampu saling menolong dengan sesamanya.

Warga Kuningan juga memiliki ikatan dimanapun berada. Hal ini merupakan modal sosial yang sangat berharga dan dapat menjadi pendorong percepatan pembangunan bagi Kuningan yang kita cintai bersama.

Dengan bekal kekayaan alam dan budaya, kita semua optimistis Kabupaten Kuningan akan menjadi Kabupaten yang ”Gemilang” sesuai dengan visi RPJPD 2025-2045.

Visi yang mengamanatkan semangat ”Gemah Ripah” pembangunan yang selaras dengan nilai kelestarian alam, mampu menyediakan sandang, pangan, papan, jaminan pendidikan, kesehatan dan lapangan pekerjaan bagi seluruh lapisan masyarakat.

Maju Berkelanjutan, lanjut Iip yakni pembangunan yang bertumpu pada karakteristik dan keunggulan lokal untuk mampu bersaing secara global, memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, sinergi dan kolaborasi.

Iip juga menyebut "Berdaya Saing" yakni pembangunan yang mampu membentuk SDM unggul secara utuh lahir dan batin, iman dan akal, membangun masyarakat yg harmonis dan agamis berahlaqul kharimah.

Proses pembangunan itu papar Pj.Bupati Iip Hidayat, memerlukan sinergi dan kolaborasi. Untuk itu kami menyusunnya dalam jalinan semangat ”Silih Asah” untuk mendorong kemajuan dan percepatan pembangunan, ”Silih Asih” untuk memastikan kelestarian lingkungan dan ”Silih Asuh” untuk memelihara semangat gotong royong, toleransi dan keharmonisan sosial.

Acara ditandai pemberian penghargaan “Kuningan Award”, kepada pegawai berdedikasi dan berloyalitas tinggi terhadap bidang pekerjaannya yaitu Agus Juhana anggota Satpol PP, dan Penggiat dan Pelestari Batik Paseban Juita Jati Kusuma Putri.

Rapat paripurna DPRD dipimpin oleh Ketua DPRD Kuningan Nuzul Rachdy, S.E. dihadiri oleh Plh. Asda 1 Provinsi Jawa Barat mewakili Pj Gubernur, Forkopimda, para mantan Bupati dan Wakil Bupati Kuningan terdahulu, pimpinan Perangkat Daerah, SKPD, BUMN, BUMD serta Camat se-Kabupaten Kuningan, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.**

Author: Whyr
Editor: Maman Suparman

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Dokumen Persyaratan Paslon Bupati dan Wakil Bupati Kuningan Masih Belum Lengkap
Demo di DPRD Kuningan Ricuh, Kapolres Terkena Lemparan Botol dan Seorang Mahasiswa Terluka
Dua Paslon Yanuar-Udin dan Dian - Tuti Mendaftar ke KPU
Tiga Paslon Bupati/Wakil Bupati Kuningan Sudah Memenuhi Syarat
KPU Kab. Kuningan Siapkan 25 Petugas Penerima Pendaftaran Paslon Bupati