Jelang Idul Fitri

Giliran Swalayan di Garut Disidak

foto

Foto: Humas Kab.Garut

BUPATI Garut Rudy Gunawan dan sejumlah pimpinan SKPD melakukan sidak ke toko swalayan jelang Idul Fitri.

GARUT, KejakimpolNews.com.– Setelah melakukan sidak (inspeksi mendadak) di beberapa pasar tradisional, Pemerintah Kabupaten Garut yang melibatkan beberapa SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) melakukan sidak ke beberapa supermarket di wilayah Kecamatan Garut Kota, Kamis (6/5/2021).

Kali ini, Bupati Garut Rudy Gunawan ikut melakukan sidak ke beberapa supermarket guna memastikan keamanan produk pangan di pasaran menjelang hari raya. Beberapa swalayan yang disidak adalah Toserba Yogya, Toserba Yoma,  Toserba Asia, Toserba Ramayana dan Toko Parcel Lebaran.

Sebelum melakukan sidak ke supermarket, Rudy Gunawan juga sempat mengunjungi Puskesmas Siliwangi. Bupati menuturkan kegiatan sidak ini bertujuan agar masyarakat tidak mendapatkan pangan yang sudah kadaluwarsa pada saat lebaran nanti.

“Jadi kami melakukan cek secara random, tapi jumlahnya cukup banyak, dan kita juga dilakukan juga oleh Puskesmas di beberapa tempat, jangan sampai nanti pada saat lebaran kita mendapatkan makanan yang kadaluwarsa,” kata Rudy Gunawan.

Selain mengecek makanan di swalayan, Bupati ingin melihat kemampuan ekonomi masyarakat di Kabupaten Garut. “Yang kedua saya mau melihat ini kemampuan ekonomi masyarakat, jadi kalau dengan PKL (Pedagang Kaki Lima) saya juga nggak ada keberatan, asal mereka itu tertib, menggunakan protokol kesehatan, sehingga nanti adu tawar silahkan adu tawar,” katanya.

Sementara, Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, Yudi menuturkan ada beberapa produk pangan yang izin edarnya sudah habis. Namun secara umum makanan di Kabupaten Garut masih layak konsumsi.

“Kita memang menemukan beberapa temuan seperti izin edarnya sudah habis dan lain sebagainya tapi tidak signifikan. Secara umum kami melihat bahwa makanan yang beredar di Kabupaten Garut masih layak konsumsi,” kata Yudi.

Yudi menegaskan keterlibatan masyarakat sangat penting dalam menjaga keamanan pangan yang akan dikonsumsi. Masyarakat diimbau untuk memastikan terlebih dahulu keamanan makanan yang akan dikonsumsi. Ia juga berharap para penjual agar bisa memperhatikan dan mengecek keamanan makanan yang akan dijual.

Supervisor Lapangan Asia Toserba, Devi mengatakan adanya sidak ini membantu pihak toserba untuk menyediakan produk aman konsumsi untuk masyarakat.**

Editor : Dede Suryana

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Jangan Kaget Jumat Besok, Takkan Ada Orang Jualan Tahu dan Tempe Lagi
Jabar - Shopee Bangun UMKM Center di 5.312 Desa
Tahu Tempe Kembali Hadir, Emak-Emak Sumringah
Kang DS, "Cibiruwetan Desa Pangan Aman Harus Jadi Contoh"