Asep Priyatin Saputra, "Pasokan Pakan Sapi Perah di Desa Guranteng Kurang"

foto

Budi S. Ombik

WAKIL Gubernur Jabar Uu Ruhzanul Ulum saat melakukan panen tanaman pakchong di Kampung Pasirjinjing.

TASIKMALAYA, KejakimpolNews.com - Panen Pakchong di area lahan seluas lima hektare di Kampung Pasirjinjing, Desa Guranteng, Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat secara simbolis dilakukan Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum, Rabu 17 November 2021.

Panen pakan ternak sapi perah tersebut diharapkan dapat memenuhi pasokan pakan ternak sapi di Desa Guranteng. "Kita dukung program bank pakan ternak sapi di Guranteng demi terciptanya swasembada pakan," kata Uu disela-sela panen pakchong.

Uu menambahkan, dengan terciptanya bank pakan akan meningkatkan perekonomian serta terwujudnya Jabar juara lahir batin. Sementara itu di tempat yang sama, Camat Pagerageung, Asep Priyatin Saputra S,STP, M.M., mengakui, pakan ternak sapi berupa pakchong masih kekurangan untuk memenuhi kebutuhan peternak di Guranteng.

"Selama ini pasokan pakchong masih kurang, mudah mudahan ke depan bisa memenuhi kebutuhan peternak sapi perah," kata Asep. Ditambahkannya, pakchong memiliki kandungan nutrisi tinggi bagi pakan sapi perah. Selain akan meningkatkan produksi susu juga sapi terlihat sehat.

Lahan yang ditanami pakchong dan dipanen seluas lima hektare. Dalam setahun pakchong bisa dipanen sembilan kali. Rata rata usia tanaman yang satu ini siap petik kisaran usia 40 hari dengan ketinggian 1-2 meter.

"Masa tanam pun hanya satu kali. Karena saat dipanen menyisakan-bogol-(sunda) yang nantinya akan tumbuh kembali," cetusnya. Asep menambahkan, hasil yang didapat dalam hitungan per hektare saat panen bisa mencapai 60 sampai 80 ton di usia produktif.

"Karena diperlukan asupan yang baik dan tetap terjaga kondisi kesehatan sapi, jumlah itu masih kurang untuk memenuhi pakan di kalangan peternak," imbuhnya. Sementara itu, gelar panen tanaman pakchong tersebut disaksikan langsung Kadis Peternakan Prov.Jabar, Danramil Ciawi yang mewakili Kodim, Kapolsek Ciawi serta unsur muspida terkait lainnya di lingkungan Kecamatan Pagerageng.**

Editor : Maman Suparman

Reporter : Budi S.Ombik

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Dogig dari Ciniru Kuningan, Dulu Ajang Pengusir Hewan Kini Seni Budaya
Terobosan Pariwisata Ekonomi Kreatif Di Talaga Biru Cicerem Kab.Kuningan
Jelang Libur Nataru Harga Cabai Rawit di Bandung Sentuh Rp100 Ribu per Kg
Malam Tahun Baru, Pangandaran Hanya Dikunjungi 30.000 Wisatawan
Gowes Wisata Meriahkan Jamnas Mengelilingi Waduk Darma