Sekda Kabupaten Kuningan

Kuningan Menembus Batas Menuju Kabupaten Konservasi

  • Jumat, 26 November 2021 | 22:46 WIB
foto

Foto : H.Wawan Jr.

DALAM memeriahkan HUT ke-6 Kebun Raya Kuningan (KRK), Dinas Lingkungan Hidup bersama PWRI menggelar acara Festival Kebun Raya Kuningan (KRK),

KUNINGAN, KejakimpolNews.com - Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-6 Kebun Raya Kuningan (KRK), Dinas Lingkungan Hidup bersama PWRI menggelar acara Festival Kebun Raya Kuningan (KRK), Kamis (25/11/2021) di Kebun Raya Kuningan.

Sekretaris Daerah Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si disela acara mengatakan, Kebun Raya Kuningan dibangun sesuai arah kebijakan pembangunan konservasi yang menitikberatkan pada pemanfaatan sumberdaya alam secara lestari dan berkelanjutan.

KRK lanjut Dian,  mempunyai potensi besar untuk dikembangkan sebagai salah satu tujuan ekowisata dengan tema wisata alam yang menjual ilmu pengetahuan dan filsafat lokal atau filsafat ekosistem dan sosiosistem.

Sekda menambahkan, Kabupaten Kuningan telah berkomitmen menjadi kabupaten konservasi dengan dibangunnya KRK ini. Melalui kegiatan HUT KRK ke 6 ini bertujuan, untuk menyadarkan semua pihak agar turut bertanggung jawab dalam merawat alam serta menjadi pelopor perubahan, penyelamat alam dan lingkungan hidup.

“Mari kita jadikan momentum peringatan hari ulang tahun ini untuk memposisikan bahwa, kawasan konservasi sebagai modal utama menuju masyarakat sejahtera dan berkelanjutan” ujar Dian.

Ucapan terima kasih disampaika Dian kepada UPTD KRK, atas inisiatifnya dalam upaya mengingatkan kembali masyarakat untuk ikut berpartisipasi dan peduli terhadap pentingnya konservasi alam di Kabupaten Kuningan.

Sementara itu, peringatan HUT KRK dikemas dalam Festival Kebun Raya Kuningan bertajuk “Kuningan Menembus Batas", dengan berbagai kegiatan antara lain, tasyakuran dihadiri oleh berbagai unsur pemerintah, masyarakat serta gerakan penanaman pohon, senam wisata dan mancing raya sekaligus pemberian penghargaan Anugerah Raksa Prasada dan perintis lingkungan Tahun 2021 tingkat Provinsi Jawa Barat.

Para penerima Anugerah Raksa Prasada itu adalah Sekolah Adiwiyata diantaranya, SMAN 1 Ciawigebang, SMAN 1 Darma, SMAN 2 Kuningan, SMPN 1 Kuningan, MAN 1 Kuningan, SMPN 1 Jalaksana, SDN 1 Cigadung dan SDN 2 Bayuning.

Dian berharap, mudah mudahan prestasi ini dapat menginspirasi sekolah lainnya untuk meningkatkan rasa cinta terhadap lingkungan” pungkasnya.**

Editor: Maman Suparman

Reporter : H.Wawan Jr

Bagikan melalui
Berita Lainnya