Operasi Prokes Diperketat

Malam Tahun Baru, Pangandaran Hanya Dikunjungi 30.000 Wisatawan

foto

Asep Rachmat Hidayat

BUPATI Pangandaran, Jeje Wiradinata dan Kapolres Ciamis, AKBP. Wahyu Broto Narsono Adi saat memimpin Operasi penerapan prokes ke sejumlah kafe, bar dan restoran di Pantai Pangandaran.

PANGANDARAN, Kejakimpolnews.com - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pangandaran. Jawa Barat, Jumat (31/12/2021), pada malam penggantian tahun baru 2022, menggelar Operasi Protokol Kesehatan (prokes) ke sejumlah kafe, bar dan restoran di kawasan Pantai Pangandaran.

Operasi dipimpin langsung Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata, didampingi Kapolres Ciamis, AKBP. Wahyu Broto Narsono Adi dan Dandim 0613 Ciamis, Letkol. Dadan Ramdani, dengan melibatkan unsur Polri, TNI dan Satpol PP Kabupaten Pangandaran.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, pelaksanaan operasi berjalan lancar, setiap pengunjung menunjukan bukti dirinya sudah divaksinasi dengan memperlihatkan kartu vaksin atau menunjukan aplikasi Pedulilindungi, mayoritas mereka bisa menunjukan bukti vaksin dan ada juga hanya beberapa gelintir tidak bisa menunjukan bukti vaksinasi.

"Mereka yang belum divaksinasi telah diberikan teguran dan pendataan, selanjutnya dianjurkan menjalani vaksinasi gerai yang telah disediakan besok paginya," ujar Jeje Wiradinata, Sabtu (1/1/2022).

Bupati Pangandaran menjelaskan, jumlah wisatawan yang masuk objek wisata Pangandaran masih di bawah batas maksimal, untuk kapasitasnya minimal 75 persen dengan angka 80 ribu wisatawan, sedangkan jumlah wisatawan yang tercatat di ticketing kurang dari 30 ribu wisatawan.

"Mereka yang menyambut malam pergantian tahun baru itu tetap mematuhi prokes dengan baik, kami melakukan pemantauan implementasi instruksi Mendagri tentang aturan di malam tahun baru," papar Jeje Wiradinata.

Sementara itu, arus wisatawan yang tiba di Pantai Pangandaran menunjukan peningkatan yang signifikan, terlihat suasana di gerbang utama terpantau sejak pagi hingga petang menjadi ramai, mayoritas kendaraan wisatawan menggunakan sepeda motor.

Ketua Timsus Retribusi Pantai Pangandaran, Dadan Sugista mengatakan, wisatawan yang masuk Pantai Pangandaran hingga pukul 19.00 WIB, tercatat sudah 21.847 orang, sedangkan pada pukul.15.00 WIB, tercatat 16.000, artinya lonjakan wisatawan itu terjadi menjelang malam.

"Situasi semakin malam semakin ramai, selain keramaian dipenuhi wisatawan juga dikunjungi oleh warga lokal yang ingin merayakan malam penggantian tahun baru di tepi pantai," ujar Dadan Sugista.**

Editor : Asep Rahmat Hidayat  

Bagikan melalui
Berita Lainnya