Dua BUMD Jabar Tandatangani MoU Kelola Gas Alam dan Pipanisasi Jaringan Air Bersih

foto

Foto : Humas Pemda Prov.Jabar

(Dari kiri ke kanan) Direktur Utama PT Subang Energi Abadi Guntur Setiawan, Direktur Teknik dan Operasi PT Migas Utama Jabar Muhamad Sani, Presiden Direktur PT Tigalapan Investama Group Titi Khoiriah, Direktur CV Menata Citra Selaras Yogi Prabowo dan Direktur PT Tirta Gemah Ripah Yoseph Yusrizal, dalam konferensi pers usai MoU di event WJIS 2024, di Trans Convention Center, Kota Bandung, Kamis (19/9/2024).

BANDUNG, KejakimpolNews.com -- Dua BUMD Jabar menandatangani MoU investasi pada event West Java Investment Sumit (WJIS) 2024 yang berlangsung di Trans Convention Center, Kota Bandung, Kamis (19/9/2024).

MoU pertama antara PT Tirta Gemah Ripah denga PT Tigalapan Investama Group. Kerja sama ini bernilai investasi Rp300 miliar dan bisa bertambah jika proyek diperluas.

Keduanya akan bekerja sama dalam pipanisasi air bersih yang akan disalurkan kepada masyarakat di sejumlah wilayah Jabar.

Direktur PT Tirta Gemah Ripah Yoseph Yusrizal mengatakan kerja sama ini akan dimulai pada 2025 dengan lokasi pertama di Kabupaten Karawang.

"Targetnya groundbreaking 2025 di Karawang. Selanjutnya akan meluas ke Purwakarta , regional Bogor hingga Depok," ujar Yoseph.

Presiden Direktur PT Tigalapan Investama Group Titi Khoiriah menambahkan, perusahaan sudah banyak menangani pipanisasi pengolahan air bersih (SPAM) di seluruh wilayah Indonesia. Di Jabar pun sudah mulai beberapa tahun terakhir.

"Insyaallah dengan kerja sama ini jangkauan air bersih kepada masyarakat akan semakin meluas. Kami sudah melakukannya di Sumatera, Kalimantan, Jatim dan Jabar," jelasnya.

MoU lainnya adalah antara BUMD PT Migas Utama Jabar dengan PT Subang Energi Abadi. Kerja sama keduanya untuk pemanfaatan gas alam bagi kebutuhan industri di kawasan Subang dan sekitarnya.

Direktur Teknik dan Operasi PT Migas Utama Jabar Muhamad Sani mengatakan, permintaan gas alam untuk industri dan masyarakat di Jabar sangat tinggi dan belum sepenuhnya dapat dilayani.

"MoU ini sekaligus komitmen Jabar dalam menyediakan kebutuhan energi hijau bagi kawasan industri di Rebana yang semakin bermunculan. Juga untuk penyediaan energi bagi pembangunan data center," tegasnya.

Direktur Utama PT Subang Energi Abadi Guntur Setiawan menyebutkan, dalam 10 tahun mendatang kawasan Subang akan akan semakin ramai dengan munculnya tujuh kawasan industri baru.

"Subang akan menjadi seperti seperti Karawang dan Bekasi jadi kebutuhan energi harus disiapkan. Tujuh kawasan industri akan menyerap produksi dari kami," ujarnya.

Ia mengatakan saat ini saja sekitar 10.000 sambungan jaringan gas ke rumah tangga berhasil dibuat. Kerja sama dengan Migas Utama juga untuk peningkatan SDM agar pekerja lokal dapat terserap.

Timur Tengah Minat Food Estate

Investor lain yang juga menandatangi kerja sama di event WJIS adalah CV Menata Citra Selaras, perusahaan yang menggarap produksi dan hasil pertanian.

Perusahaan yang didanai konsorsium dari Timur Tengah ini berminat untuk mengembangkan food estate di Kabupaten Sukabumi.

Direktur CV Menata Citra Selaras Yogi Prabowo mengatakan, budidaya on farm bakal dimulai tahun depan. "Mulai dari produksi hingga hilirisasi pertanian akan dibangun di Sukabumi," katanya.**

Author: Gaiskha
Editor: Maman Suparman

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Herman Suryatman Apresiasi IWEB Award 2024 Kolaborasi Pentaheliks untuk Ekonomi Jabar Inklusif Berkelanjutan
Agustus Jabar Inflasi 0,07 Persen (m to m), Surplus Neraca Perdagangan Luar Negeri 2,11 Miliar USD
Bey Machmudin Tantang Bobocabin Buka Wisata di Kuningan
WJIS 2024, Kemitraan dengan IKM Jabar Didorong Masuk dalam Rantai Pasok Industri Besar
Istri ASN Jabar Asah Keterampilan Buat Produk Kreatif Bernilai Ekonomi