Dua Tersangka Diciduk

Polsek Ciwidey Gagalkan Upaya Penyelundupan Bibit Lobster

foto

Foto: Humas Polda Jabar

WAKAPOLRESTABES Bandung AKBP Dwi Indra Laksmana menyebut, dua orang terduga pelaku, HR dan MHT, berhasil diamankan dalam penyergapan tersebut. Polisi juga menyita puluhan ribu bibit lobster.

BANDUNG, KejakimpolNews.com.- Polsek Ciwidey, Polresta Bandung, menggagalkan penyelundupan benih lobster di wilayah Ciwidey Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (30/4/2021) dini hari sekira pukul 02.30.

Kapolresta Bandung Kombes Pol Hendra Kurniawan melalui Wakapolresta Bandung AKBP Dwi Indra Laksmana menyebut, dua orang terduga pelaku, HR dan MHT, berhasil diamankan dalam penyergapan tersebut. Polisi juga menyita puluhan ribu bibit lobster.

Menurut Indra, pengungkapan kasus tersebut bermula dari kecurigaan anggota Polsek Ciwidey terhadap pergerakan sebuah minibus yang muncul dari arah selatan. "Mobil itu kami hentikan, dan ketika diperiksa di dalamnya kami temukan puluhan ribu bibit lobster," kata Indra saat menggelar konferensi pers di Kantor Karantina Perikanan Kota Cimahi.

Bibit lobster itu dikemas di dalam kantong plastik dan disusun rapi di dalam tujuh buah box steropom. "Jumlahnya sekitar 46 ribu ekor lebih dan saat berkoordinasi dengan Badan Karantina Perikanan, jika ditotalkan negara mengalami kerugian kurang lebih Rp 2 miliar," kata Indra.

Ia mengatakan, bibit lobster tersebut dibawa dari Pelabuhanratu, Sukabumi dan rencananya akan dijual kepada seseorang yang menunggunya di gerbang tol Soroja. "Pengakuan dari tersangka, bibit lobster ini dibawa dari Pelabuhanratu dan akan di jual kepada seseorang di Gerbang Tol Soroja, dan ini masih kami dalami," kata Indra.

Kedua tersangka, HR dan MHT, dijerat Pasal 92 Jo Pasal 26 ayat 1 dan atau pasal 88 Jo pasal 16 ayat 1 UU RI No. 45 Tahun 2009 tentang perubahan atas UU RI No. 31 tahun 2004 tentang perikanan. Kedua tersangka terancam 8 tahun penjara atau denda Rp1.5Miliar.**

Editor: Dede Suryana

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Mantan Ketua MK Anwar Usman Kembali Diputus Melanggar Etik
Bawa Sajam, Sekelompok Pemuda Geng Motor Diamankan Tim Si Jalak Presisi Polresta Bandung
Sempat Terjadi Perkelahian, FH Perampok Mobil Taksi Online Berhasil Dilumpuhkan Bhabinkamtibmas
Polsek Katapang Gerebek Penjual Miras Berkedok Tambal Ban, 11 Jeriken Tuak Diamankan
Polsek Cangkuang Amankan Dadan, Terduga Pelaku Pencurian Kotak Amal di Masjid