Berasal dari Jaringan Timteng

310 Kg Sabu Senilai Rp400 Miliar Disita, 2 Pengedar Terancam Pidana Mati

foto

Foto: PMJ News/ Yenni

KAPOLDA Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran didampingi Satresnarkoba Polres Metro Jakarta Pusat ketika memberi keterangan kepada wartawan.

JAKARTA, KejakimpolNews.com .- Sabu seberat 310 kg bernilai Rp400 miliar, bahkan cukup untuk dikonsumsi 1,5 orang, berhasil disita. Dua pengedar dan sekaligus kaki tangan bandar besar telah ditangkap aparat Satresnarkoba Polres Metro Jakarta Pusat.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran di Hotel N1, Jakarta, Selasa (11/5/2021) mengapresiasi kerja jajarannya. Menurut Kapolda, narkotika jenis sabu ini berasal dari jaringan Timur Tengah, Nigeria dan Iran. Tadinya sabu tersebut akan diedarkan di Indonesia.

Menurut Kapolda, jaringan peredaran narkoba kelas kakap ini berhasil diungkap jajarannya Sabtu (8/5/2021) lalu. Narkoba tersebut katanya, berasal dari dua orang tersangka yang masuk dalam jaringan internasional Timur Tengah.

"Kedua tersangka ini memang dicurigai melakukan transaksi narkoba di wilayah hukum Polda Metro Jaya, kemudian setelah diikuti ini yang mengejutkan, karena saat digeledah ditemukan jumlah narkoba fantastis sebanyak 310 kilogram," ungkap Kapolda seperti dikutip dari PMJNews.

Kapolda menduga, jaringan ini dikendalikan antarnegara dari Timur Tengah, diduga dari Iran. Dikendalikan oleh sindikat narkoba dari Nigeria, untuk beroperasi di wilayah Indonesia, Fadil menuturkan pihak Polres Metro Jakarta Pusat bersama dengan Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polda Metro Jaya terus berkoordinasi untuk mendalami kasus ini.

Sebab, pengungkapan ini merupakan yang terbesar sepanjang sejarah di tingkat Polres. Makanya Kapolda sangat mengapresiasi kerja anak buahnya, karena dilihat dari kuantitasnya, pengungkapan kasus ini adalah tangkapan Satresnarkoba Polres yang terbesar.

Fadil menyebut, dilihat dari modus operandi dan barang bukti yang ada, perbuatannya para pelaku bisa dijerat dengan Pasal 115 ayat 2 sub 114 ayat 2 sub lebih Pasal 112 ayat 2 Jo Pasal 132 ayat 1 UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang narkoba. Dengan ancaman pidana paling sedikit 5 tahun dan maksimal 20 tahun atau hukuman mati.**

Editor: Maman Suparman

Bagikan melalui
Berita Lainnya
46 Hari Berada di Tangan Penculik Bocah 11 Tahun itu Bisa Berkumpul Lagi dengan Keluarganya
Diduga Pungli, Oknum Polisi di Lampung Diamankan
Bareskrim Ungkap Pinjaman Online Ilegal, 2 WN China Pengelolanya Buron
Ditetapkan Tersangka Korupsi, Bendahara KONI Tangsel Dikenakan Rompi Pink
Perampok Berseragam Minimarket Merampok, Rp50 Juta Milik Alfamart Melayang