Buron 14 Tahun, Tauhidi Fahrurozi Koruptor Dinas Perikanan Jabar Ditangkap di Subang

foto

ilustrasi

TERPIDANA Tauhidi Fahrurozi yang terlibat korupsi pada Dinas Perikanan Jabar, akhirnya ditangkap di Subang setelah buron 14 tahun.

BANDUNG, KejakimpolNews.com - Selain menangkap Aryo Satigi buronan pembobol Bank Mandiri Rp120 miliar, tim gabungan Kejaksaaan Tinggi (Kejati) Jabar dan kejaksaan Negeri (Kejari) Subang, juga menangkap koruptor terpidana korupsi pada Dinas Perikanan Jabar.

Tauhidi Fahrurozi nama terpidana yang telah divonis penjara 2 tahun itu diringkus di Subang usai bebas melenggang tak tercium jejaknya selama 14 tahun.

Kasipenkum Kejati Jabar Dodi Gazali Emil kepada wartawan Kamis (16/9/2021) mengatakan, terpidana Tauhidi diamankan tim intelejen Kejati Jabar dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Subang di suatu tempat di Kabupaten Subang pada Kamis 16 September 2021.

Koruptor ini terlibat kasus korupsi pada Dinas Perikanan Jabar di Garut. Selanjutnya ia diadili dan divonis majelis hakim dengan pidana hukuman 2 tahun penjara. Namun ia berhasil lolos, 14 tahun lamanya bisa melenggang tanpa diketahui jejaknya oleh aparat kejaksaan sebagai ekseskutor.

Sabelum diadili, Tauhid diketahui merupakan terpidana kasus korupsi pada Dinas Perikanan Jabar terkait revetment PPI Cilaut Eureun Garut pada tahun 2007. "Selama 14 tahun buron, akhirnya terpidana bisa diamankan," ujar Kasipenkum Kejati Jabar.

Menurut Dodi, semestinya Tauhidi menjalani hukuman penjara selama 2 tahun berdasarkan putusan hakim dan putusan kasasi Mahkamah Agung. Selain hukuman penjara, Tauhidi juga dikenakan denda Rp200 juta dan uang pengganti sebesar Rp449 juta lebih. Tetapi dia malah kabur dan berhasil bersembunyi selama 14 tahun.

Namun akhirnya jejak pelaku terendus manakala sedang berada di Subang. Dia diringkus tim gabungan Kejati Jabar dan Kejari Subang yang berhasil mengendus keberadaan Tauhidi di kawasan Subang. Setelah mengamankan terpidana, tim kejaksaan akan membawa ke Kejaksaan Negeri Garut untuk selanjutnya dieksekusi ke Lembaga Pemasyarakatan.**

Editor: Maman Suparman

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Polres Serang Amankan 2,8 Kilogram Ganja Dari 7 Tersangka
Dewa Aniaya Istrinya Hingga Tewas Disaksikan Istri Sirinya
Sopir Taksi Online Duel Sengit Lawan Perampok yang Ingin Merampas Mobilnya
Puluhan Warga Tertipu, TNI Gadungan Ditangkap Sub Kogar Garnisun Cirebon
Ditangkap, Begal Sadis yang Membacok Ustad dan Merampas Sepeda Motor N-Max