Untuk Haji Tahun Ini

Arab Saudi Berikan Izin, Tapi Kuota Terbatas?

foto

Foto: Kemenag RI

Plt. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Khoirizi.

JAKARTA, KejakimpolNews.com-Kementerian Agama (Kemenag) belum menerima informasi resmi, bahwa Arab Saudi akan memberikan izin secara terbatas bagi jemaah di luar negaranya untuk beribadah haji tahun ini.

Plt. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag, Khoirizi, mengaku belum menerima kabar resmi soal tersebut, seperti yang ramai diinformasikan di media sosial. Namun, katanya, jika benar bahwa Saudi membuka pemberangkatan haji 1442 H untuk jemaah dari luar negaranya, meski kuotanya terbatas, tentunya hal ini harus disyukuri.

"Alhamdulillah, karena jemaah Indonesia juga sudah menunggu lama, apalagi tahun lalu juga tertunda," kata Khoirizi di Jakarta, Senin (24/05/2021). Khoirizi memastikan, Ditjen PHU terus berkoordinasi dengan perwakilan Indonesia di Arab Saudi untuk mendapatkan perkembangan informasi resmi dari Khadimul Haramain.

"Info resmi ini penting sebagai rujukan pemerintah dalam mengambil kebijakan, serta persiapan dan mitigasi penyelenggaraan haji tahun ini," katanya. Dikatakan, Kemenag juga telah berkoordinasi dengan Kemenlu, WHO Indonesia dan Kemenkes untuk membahas masalah vaksin Sinovac, yang digunakan jemaah Indonesia.

"Para pihak dalam rapat koordinasi tersebut mengkonfirmasikan belum adanya informasi resmi apapun dari Saudi terkait penyelenggaraan ibadah haji, termasuk soal vaksin, penerbangan, dan lainnya," ujar Khoirizi seraya menjelaskan, bahwa pihaknya akan terus melakukan persiapan dan proses mitigasi, hingga ada kepastian dari Saudi.**

Editor : Omay Komar

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Jemaah Indonesia Diimbau Tak Pakai Visa Ziarah untuk Ibadah Haji
Arab Saudi Hadiahkan 100 Ton Kurma untuk Masyarakat Indonesia