Demi Pelayanan Optimal

Kang Uu Dorong Pemekaran Wilayah Jawa Barat

foto

Humas Pemprov.Jabar

Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum.

CIREBON, kejakimpolbews.com.-- Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, pemekaran wilayah di Jabar menjadi penting guna mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat, mempercepat pembangunan daerah, serta menunjang pemerataan anggaran ke daerah. 

"Semakin dekat masyarakat dilayani oleh pemerintah, semakin bagus dan semakin prima," kata Kang Uu di Kota Cirebon, Rabu (18/11). 

Jabar saat ini memiliki 27 kabupaten/kota meliputi 18 kabupaten, 9 kota, 627 kecamatan, 645 kelurahan, dan 5.312 desa. 

Menurut Kang Uu, dengan jumlah penduduk hampir 50 juta jiwa dan luas wilayah 35.377,76 km², Jabar idealnya memiliki 40 kabupaten/kota.  Dengan begitu, anggaran dari pemerintah pusat untuk Jabar meningkat. Sebab saat ini, provinsi yang berpenduduk lebih rendah dari Jabar mendapatkan anggaran lebih besar. 

"Karena bantuan dari pemerintah pusat bukan berdasarkan jumlah penduduk, tapi jumlah pemerintahan, jumlah desa," ucapnya. 

Kang Uu mengatakan, pemekaran yang pernah dilakukan Jabar pun dinilai berhasil, seperti Pangandaran dan Tasikmalaya. Dengan pemekaran, pelayanan kepada masyarakat dan pembangunan daerah berjalan lebih optimal.

Kang Uu pun menyatakan, pemekaran wilayah harus disertai dengan kajian yang komprehensif. Mulai dari sektor ekonomi sampai batas geografi. 

"Ini harus dipersiapkan tentang batas, batasnya di mana. Kemudian juga pusat pemerintahan hasil penilaian akademis di mana," katanya.**

Editor: Dede Sunarya

Bagikan melalui
Berita Lainnya