Menanggulangi Banjir

Sungai Cikeruh Dangkal, BPBD, Camat dan Dewan "Turun Gunung"

foto

Yayan Sofyan

SUNGAI CIKERUH. Kepala BPBD Kab. Bandung Ahmad Sobara (kedua dari kanan), anggota DPRD Kab. Bandung, Abah Yayat (tengah) dan Camat Rancaekek, Banjar Baban (kedua dari kiri) saat meninjau Sungai Cikeruh.

RANCAEKEK.KejakimpolNews.com.- Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Ahmad Johara bersama Camat Rancaekek Baban Banjar didampingi anggota DPRD Komisi B Fraksi Demokrat Yayat Sudayat sidak "turun gunung" ke tiga titik di Kec. Rancaekek dalam untuk melihat, sekaligus dalam penanggulangan banjir, Selasa (16/2/2021).

Dari tidak titiik tersebut, satu di antaranya meninjau Sungai Cikeruh yang kondisinya menyempit dan dangkal. Di lokasi Sungai Cikeruh Desa Bojongloa, Ahmad Johara mengatakan, banjir yang kerap menerjang Rancaekek pihaknya memberikan perhatian penuh ke Kecamatan Rancaekek yang katanya akan segera mengeruk Sungai Cikeruh dari mulai Dangdeur hingga pintu air di Desa Rancaekekkulon dengan melibatkan sejumlah kalangan, termasuk masyarakat, media, dunia usaha dan pihak akademiksi terkait sisi kajiannya.

"Kami telah melakukan survey di lapangan dalam rangka penanganan bencana banjir di Rancaekek ini harus secepatnya dilaksanakan dan harus segera menindaklanjuti dalam waktu yang cepat," katanya.

Sementara Abah Yayat, sapaan Yayat Sudayat wakil rakyat di DPRD Kab. Bandung dari dapil Rancaekek ini, pihaknya selaku anggota DPRD mengucapkan terima kasih dan bersyukur atas koordinasi dan kerjasamanya dengan sejumlah pihak, termasuk BPBD, Sungai Cikeruh segera dinormalisasikan.

"Dalam pengerukan Sungai Cikeruh 3. Tahap 1 di Bojongpulus, ke-2 di Bijongjati dan ke-3 di pintu air. Berharap ini segera terealisasi," harap Abah. Karena sudah 25 tahun Sungai Cikeruh belum pernah dikeruk, Abah pun berharap mendapat dukungan semua agar secepatnya bisa dikerjakan.

"Jujur, banjir Rancaekek dampak meluapnya Sungai Cikeruh karena diangkal dan menyempit benar-benar menyiksa dan mengganggu aktivitasnya bukan hanya warga Rancaekek tapi para pengguna jalan karena benjir meluap ke jalan raya," ucapnya.

Abah Yayat pun sangat berharap pula dengan pergantian Bupati Bandung yang baru dapat mendorong secapatnya normalisasi Sungai Cikeruh dalam program 100 hari program kerjanya, terutama adanya embung untuk penampung air. " Embung kan nantinya bisa meminimalis,"pungkas Abah Yayat.**

Editor: Yayan Sofyan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Uu Ruzhanul Ulum Ajak Masyarakat Tetap Produktif di Tengah Pandemi
Dedi Taufik Resmi Penjabat Bupati Bandung Untuk Waktu 21 Hari
Wagub Jabar Dorong 3 Kepala Daerah di Jabar Segera Dilantik
Jaga Keterisian Mesjid 50%, Sahur dan Buka Puasa di Rumah Saja
Polisi Minta Warga Jabar Tak Mudik Lebaran