Direktur TeknikĀ  PT.CKJT Bagus MS :

Menteri PUPR Berharap Tol Cisumdawu Seksi 1, 2 dan 3 Oktober Tuntas dan Bisa Dilintasi

foto

Foto: Istimewa.

SIDAK - Menteri PUPR Mochamad Basuki Hadimuljono saat inspeksi mendadak (sidak) progres pengerjaan Tol Cisumdawu dari seksi 2 hingga seksi 6, Kamis (22/9/2022).

JATINANGOR, KejakimpolNews.com -  Meski Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) seksi 1 Cileunyi-Pamulihan telah dioperasikan, dan seksi 2 Pamulihan-Sumedang progresnya tuntas dan siap dilintasi, namun Menteri PUPR Mochamad Basuki Hadimuljono berharap Seksi 3 Sumedang-Cimalaka pun Oktober mendatang tuntas dan bisa dilintasi nyambung dengan seksi 2.

Demikian dikatakan Direktur Teknik  PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT), Bagus Meidi Suarso, selaku pengelola atau pihak penerima manfaat Tol Cisumdawu kepada KejakimpolNews.com saat inspeksi mendadak (sidak) Menteri PUPR Mochamad Basuki Hadimuljono progres pengerjaan proyek Tol Cisumdawu, Kamis (22/09/2022).

Menurut Bagus Meidi, sidak Menteri PUPR tersebut meninjau progres pekerjaan Tol Cisumdawu dari Seksi 2 Blok Sirnamulya yang pernah tertutup longsoran, kemudian meninjau juga jalur Tol Cisumdawu Wilayah Cimalaka, Conggeang dan Ujungjaya hingga ke seksi 6.

"Saat sidak, Menteri PUPR berharap Oktober mendatang Seksi 1, 2 dan seksi 3 Tol Cisumdawu nyambung dan tuntas serta bisa dilintasi. Untuk seksi 4, 5 dan 6 tahun ini Menteri PUPT menargetkan tuntas," ucap Bagus Meidi.

Sebelumnya Bagus Maidi mengatakan, para pengendara dari arah Cileunyi menuju Sumedang Oktober mendatang bisa melintasi Tol Cisumdawu. Pasalnya, progres pengerjaan seksi 2 Pamulihan-Sumedang tuntas. Menurut Bagus Meidi, saat ini baru seksi 1 Cileunyi-Pamulihan (11,45 km) telah dioperasinya.

Untuk seksi 2 Pamulihan-Sumedang (17,05 km) progresnya hampir 100 persen tuntas dan siap dilintasi. "Di seksi 2 Pamulihan-Sumedang kan ada sejumlah titik tebingnya longsor. Saat ini sudah dibangun tembok penahan tebing (TPT), termasuk ada pergeseran jalan dan finishing pengaspalan. Jadi Oktober seksi 2 bisa dilintasi dan kendaraan dari arah Cileunyi menuju Sumedang bisa ke Tol Cisumdawu tanpa melewati Cadas Pangeran," terang Bagus Meidi.

Ketika ditanya progres pengerjaan untuk seksi 3 Sumedang-Cimalaka sepanjang (4,05 km), seksi 4 Cimalaka-Lego (8,2 km), seksi 5 Legok-Ujungjaya (14,9 km), dan seksi 6 Ujungjaya-Dawuan, Bagus Meidi belum bisa memastikan seksi 3 hingga seksi 6 Tol Cisumdawu kapan tuntas dan bisa dioperasikan 

"Untuk seksi 3 hingga seksi 6 Tol Cisumdawu saat ini dalam progres pembangunan dari sejumlah sisi. Saat ini baru seksi 1 dan seksi 2 sudah nyambung dan tuntas serta siap dilintasi," ungkap Meidi.

Sementara itu, saat Menteri PUPR sidak ke proyek Tol Cisumdawu disambut dan didampingi unsur Forkopimda Kabupaten Sumedang, di antaranya Kapolres Sumedang, AKBP Indra Setiawan.

"Kita telah menerima kunjungan kerja Menteri PUPR dalam rangka meninjau pekerjaan Tol Cisumdawu. Peninjauan Menteri PUPR ini melihat progres pekerjaan Tol Cisumdawu dan berharap segera selesai. Dalam pengaman kunjungan Menteri PUPR kita turunkan 100 orang personil," kata Indra.**

Editor : Yayan Sofyan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Paula Henry Resmi Pimpin BPK Jabar
Siapa Bilang Pemerintah Akan Hapus dan Alihkan Golongan Pelanggan 450 VA ke 900 VA
Mulai Besok, Penumpang KA Jarak Jauh Wajib Vaksin Booster
Buktikan Diri Memang Juara Jabar Raih Penghargaan IKIP Terbaik Pertama
Presiden Jokowi Resmikan Tol Cibitung-Cilincing