Kembali Kunjungi Cianjur

Jokowi: Fokus kepada Evakuasi dan Distribusi Logistik

foto

Foto : BNPB

PRESIDEN RI Jokowi tengah meninjau reruntuhan akibat gempa di Cianjuran.

CIANJUR, Kejakimpolnews.com - Untuk kedua kalinya setelah hari Selasa (22/11/2022), Presiden Joko Widodo Kamis (24/11/2022) hari ini kembali mengunjungi lokasi gempa bumi 5,6 magnitudo Cianjur.

Setelah meninjau dan berbicara dengan petugas evakuasi di lokasi terparah desa Cijedil Kecamatan Cugenang,Kabupaten Cianjur, Presiden Jokowi mengatakan, "Fokus saya hari ini adalah memastikan bahwa proses evakuasi korban yang masih tertimbun longsoran tanah dan rumah berjalan baik. Itu pertama," katanya.

"Kedua, sejauh mana bantuan logistik terdistribusi dengan baik, termasuk tenda, obat-obatan, sembako, makanan dan air minum. Inilah prioritas saya," tambah Jokowi

Presiden juga menyebut masih ada 39 orang korban gempa yang belum ditemukan dan dievakuasi. Kendalanya adalah tanah yang labil, longsoran tanah tebal, dan gempa susulan yang sewaktu-waktu.

Tim Basarnas juga mengerahkan alat canggih yang dapat mendeteksi degup jantung manusia dan gerak manusia yang hidup. Sementara Polri mengerahkan anjing pelacak.

Ada pun TNI mengerahkan alat berat untuk mengangkat reruntuhan bangunan dan tanah serta kendaraan bermotor. Keluarga korban juga terus menunggu orangtuanya, istrinya, dan anak-anaknya.

"Anak saya enam orang. Sampai sekarang belum ketemu satu pun Saya berharap dapat segera ditemukan dalam keadaan bagaimana pun," ucap seorang laki-laki.

Jumlah korban tercatat 271 orang meninggal, 40 hilang, pengungsi 61.908 orang. Aska, bocah berusia 5 tahun, yang dievakuasi dari reruntuhan setelah tiga hari, kini kondisinya semakin membaik. Menurut Aska, Ibunya dan neneknya sudah meninggal direruntuhan rumahnya. 

Bantuan sembako juga, alhamdulillah sudah mulai berdatangan dari yayasan, perusahaan, dan perorangan. Sementara itu Uni Emirat Arab sudah menyatakan komitmennya untuk mengirimkan bantuan untuk gempa Cianjur.**

Editor: Dindin Machfudz

Bagikan melalui
Berita Lainnya
KTT G20 Bali Sukses, Aman dan Lancar, Polri Apresiasi Masyarakat, Wisatawan, dan Pecalang
Kendalikan Bahaya Merokok, Pemerintah Naikan Cukai Rokok Sebesar 10 Persen
Hebring, Cibiruwetan Kab. Bandung Juara Lomba Desa Tingkat Nasional Regional II
Ketum DPP Demokrat AHY Siap Lantik 27 Pengurus DPC-PD se-Jabar
Presiden Gelar Rapat Mendadak Di Lokasi Pengungsian Korban Gempa Cianjur, Ini Instruksinya