Di Desa Gasol Kecamatan Cugenang

Jokowi : Rumah Warga yang Rusak akan Direhabilitasi

foto

Foto: Istimewa

RUSAK BERAT. Inilah rumah-rumah warga yang rusak berat di kawasan Cugenang.

CIANJUR, Kejakimpolnews.com - Seusai meninjau para pengungsi di tenda-tenda dan menyaksikan kerusakan rumah penduduk penyintas gempa bumi Cianjur, Presiden Jokowi menegaskan pemerintah akan merehabilitasi rumah-rumah warga yang rusak.

"Buat yang rumahnya rusak berat akan dibantu Rp50 juta, rusak sedang Rp25 juta, rusak ringan Rp10 juta," ujar Presiden Jokowi.

Menurut Jokowi, pelaksanaan pembangunan atau rehabilitasi rumah-tumah itu bisa dilakukan oleh Kementrian PUPR, TNI atau pihak terkait lainnya. Warga terdampak gempa bumi Cianjur menyambut baik pernyataan yang melegakan tersebut dari sebelumnya yang harap-harap cemas.

Ada pula warga yang mengungkapkan dirinya pasrah rumah dan isinya tinggal puing berserakan, namun berharap dapat rumahnya dapat dibangun kembali untuk berteduh.

Sementara itu Mensos Tri Rismarini di lokasi terparah mengungkapkan 6dirinya sudah menyaksikan kondisi kerusakan dan para pengungsi di tenda-tenda darurat. Pihaknya juga mengatakan telah mengirimkan 2000 lebih tenda.

"Dan insha Allah akan mengirimkan lagi tenda dimaksud. Saat ini kami sedang mencari dan membeli tenda dimaksud," ujarnya.

Selain tenda Kemensos juga mengirimkan sembako. Para pengungsi saat ini membutuhkan selain tenda, makanan, obat-obatan, baju ganti, susu bayi, juga makanan dan air bersih serta MCK (Mandi, Cuci, Kakus).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta agar pasokan listrik dan sinyal komunikasi atau telpon segera dipasok dan diaktifkan kembali sebab hal itu termasuk kebutuhan vital. **

Editor: Dindin Machfudz

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Menpora, "Olah Raga Kita Lebih Banyak By Accident bukan By Design"
Hebring, Cibiruwetan Kab. Bandung Juara Lomba Desa Tingkat Nasional Regional II
Ke Depan Jemaah Calhaj Harus Mandiri, Berapa Kuotanya?
Agum Gumelar Terpilih Lagi Sebagai Ketum Pepabri 2022-2027
Presiden Minta Jaga Situasi Politik Agar Tetap Adem, Kalau Enggak......