Antisipasi Lonjakan Pemudik Motor Korlantas Siapkan Buka-Tutup Lalin

foto

Foto: Div.Humas Polri

KAKORLANTAS Polri Irjen Istiono menyatakan, pihaknya menyiapkan rekayasa buka tutup lalu lintas guna mengantisipasi lonjakan pemudik motor.

KARAWANG, KejakimpolNews.com.– Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Istiono menyatakan, pihaknya menyiapkan rekayasa buka tutup lalu lintas guna mengantisipasi lonjakan pemudik motor. Hal itu dilakukan untuk menghindari adanya penumpukan kendaraan, khususnya sepeda motor yang berpotensi menimbulkan klaster baru penyebaran covid-19.

Nantinya, beberapa sepeda motor yang dilepas petugas akan diperiksa di pos-pos berikutnya untuk diputarbalikkan. “Semua ini untuk menjaga keseimbangan antara kemacetan dan kerumunan sehingga pola buka tutup penyekatan ini dilakukan dalam rangka pencegahan kerumunan dan kelancaran lalu lintas serta keamanan masyarakat,” ujar Istiono dilansir laman Divisi Humas Polri.

Istiono menegaskan bahwa kesadaran masyarakat harus ditingkatkan terkait anjuran pemerintah yang melarang mudik lebaran 2021. Hal itu diungkapkan Istiono ihwal adanya ribuan pemudik yang mengendarai sepeda motor menjebol barikade penyekatan di Jalur Pantura Kedungwaringin, perbatasan Kabupaten Bekasi-Karawang, pada Minggu (9/5) malam.

“Semua anjuran-anjuran dari pemerintah harus dipatuhi oleh pengguna jalan baik roda dua maupun roda empat,” tegasnya, Senin (10/5/2021). Kemudian, langkah antisipasi yang digunakan pihaknya ialah dengan memaksimalkan titik-titik penyekatan cek poin berlapis hingga paling ujung supaya dipatuhi oleh pemudik bandel.

Istiono juga menjelaskan bahwa ratusan pemudik ini bukan menerobos, melainkan dialihkan karena terjadi penumpukan kendaraan. “Ini adalah diskresi kepolisian. Kalau sudah terjadi penumpukan yang besar, takutnya akan menjadi klaster baru di antrian tersebut,” ucapnya.

“Oleh karena itu, penyekatan yang berlapis-lapis kita bangun itu gunanya. Untuk mengatur supaya tidak terjadi penumpukan di satu titik,” terangnya.**

Editor: Dede Suryana

Bagikan melalui
Berita Lainnya
LPTQ Nasional Gelar Syiar Ramadan dari Imam Taraweh Hingga Tadarus Al-Quran
Pemerintah Gelar Sidang Isbat Penentuan Awal Ramadan 1445 H 10 Maret 2024
Dinilai Terlalu Mewah, DPR RI Pertanyakan Pembangunan Rumah Menteri di IKN
Arteria Dahlan, Masinton Pasaribu, dan Ruhut Sitompul Gagal Raih Kursi DPR, Puluhan Artis Melenggang
Bagi Pemudik, Catat Tiga Titik Kepadatan Arus Mudik Lebaran Berdasarkan Data Menhub