Inilah Susunan Pemain Timnas Indonesia yang Dipredikasi Turun Kontra Arab Saudi Jumat Malam Ini

  • Gaiskha
  • Kamis, 5 September 2024 | 10:32 WIB
foto

Foto: Instagram @arteditzx

Jumat dini jari nanti mulai pukul 01:00 WIB, Timnas Indonesia akan menghadapi tuan rumah Arab Saudi.

JEDDAH, KejakimpolNews.com - Kamis menjelang Jumat 6 September 2024 dini hari nanti pukul 01:00, Timnas Indonesia akan menghadapi tim kuat Arab Saudi di laga pertama Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Tentu bukan menghadapi lawan enteng, apalagi Arab Saudi adalah tim langganan masuk ke putaran final Piala Dunia. Bahkan dalam berbagai kesempatan, kerap bikin kejutan, di antaranya mengalahkan Argentina dalam babak penyisihan Piuala Dunia yang baru lalu.

Tetapi sepak bola bukan matematika, itu yang dikatakan pelatih Shin Tae-yong. Di lapangan nanti apapun bisa terjadi, seperti halnya Timnas Korea Selatan yang sempat tidak diperhitungkan mampu mengalahkan Jerman Barat pada Piala Dunia sebelumnya.

Bahkan Jay Idzes kapten Timnas Indonesia, seperti halnya Shin Tae-yong ia tak mau memikirkan kekuatan lawan, sebab nantinya akan menjadi beban melainkan percaya pada kekuatan sendiri. Itulah yang akan mereka bawa ke lapangan saat berlaga nanti.

Timnas Indonesia diprediksi akan menurunkan sejumlah pemain nanturalisasinya, termasuk penjaga gawang Maarten Paes yang sudah terdaftar dalam daftar pemain Tim Garuda.

Sementara Timnas Arab Saudi sebagai tuan rumah yang akan menjamu Timnas Indonesia pada pertandingan pertama Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion King Abdullah Sports City, menilai Timnas Indonesia sebagai kekuatan baru.

Arab Saudi mengakui, sebagian besar Timnas Indonesia bermain di tim-tim Erofa dan sudah hafal betul kompetisi ketat di daratan Eropa.

Bahkan kini, Timnas Indonesia dipastikan bisa diperkuat kiper naturalisasi Maarten Paes. Semula Maarten Paes disebut-sebut belum bisa memperkuat Timnas Indonesia vs Arab Saudi karena terlambat didaftarkan. Tetapi kini resmi, Maarten Paes sudah boleh diturunkan.

Hal ini dinyatakan manajer Timnas Indonesia Sumardji, seusai kegiatan Match Coordination Meeting (MCM) di Jeddah seperti dikutip dari laman PSSI, Rabu (4/9). Sumardji mengabarkan, Maarten Paes sudah bisa membela Timnas Indonesia melawan Arab Saudi

"Hari ini sudah selesai kegiatan MCM untuk pertandingan Arab Saudi lawan Indonesia. Pada saat MCM disampaikan dan disahkan bahwa Paes bisa dimainkan di laga tersebut," ujar Sumardji.

Masuknya Maarten Paes saat melawan Arab Saudi, diharapkan akan menambah kekuatan Timnas Indonesia di sektor penjaga gawang.

Memang, Selain Paes, Timnas Indonesia membawa tiga penjaga gawang lainnya ke Jeddah. Tapi sepertinya Shin Tae-yong akan memilih Maarten Paes saat jumpa Arab Saudi di Jeddah pada Jumat (6/9) dini hari WIB ini.

Bukan tanpa alasan, dikarenakan Maarten Paes yang sudah terbiasa bermain di level pertandingan yang lebih tinggi, di antaranya bersama FC Dallas di Major League Soccer (MLS).

Bagaimana dengan posisi pemain lainnya? Untuk bek sayap kanan ada kemungkinan Asnawi Mangkualam Bahar akan diturunkan mengingat ia kuat dalam dan mampu melakukan serangan balik yang cepat.

Sedangkan di sektor bek kiri, Calvin Verdonk sama halnya Asnawi sepertinya akan dipercaya untuk menempati posisi ini.

Sementara di posisi tiga bek tengah, Timnas Indonesia Shin Tae-yong biasanya masih pervaya kepada trio tangguh, Rizky Ridhp, Sandy Walsh, dan Jay Idzes.

Untuk gekandang serang, di sektor sayap kanan Tim Merah Putih dipredikasi akan mengandalkan pemain yang punya kecepatan dan naluri mencetak gol yaitu Ragnar Oratmangoen. Partenrenya di sayap kiri adalah pemain muda Marselino Ferdinan.

Di lini tengah yang paling vital, sperti yang sering dilakukan duet Thom Haye dan Ivar Jenner diprediksi bakal menjadi andalan Indonesia dalam mengatur serangan dan juga bertahan. Dari jantung inilah dibutuhkan kreasi dalam hal melakukan taktik menyerang dan menciptakan peluang.

Di ujung ujung tombak, STY tak ada lagi striker lainnya yang paling dipercaya Shin Tae=yong yakni Rafael Struick. Mudah-mudahan ia tampil semakin berani dan juga percaya diri.

Untuk Jumat dini hari ini, inilah prakiraan formasi Timnas Indonesia lawan Arab Saudi yang akan diturunkan Shin Tae-yong dengan menggunakan pola 5-4-1

Penjaga gawang: Maarten Paes
Belakang: Asnawi Mangkualam, Sandy Walsh, Jay Idzes, Rizky Ridho, Calvin Verdonk
Gelandang: Ragnar Oratmangoen, Thom Haye, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan.
Penyerang: Rafael Struick.**

Author: Gaiskha
Editor: Maman Suparman

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Jelang Kualifikasi Piala Asia U-20, Timnas Indonesia Dijajal Korea Selatan
Tinjau SUGBK Erick Thohir: Kita Siap Jamu Australia
Tekad Brandon Wilson Lini Tengah Bali United, Siap Redam Serangan Borneo FC
Jay Idzes: Arab Saudi Tim Bagus, Tetapi ini Sepakbola dan Apapun Bisa Terjadi
Inilah Susunan Pemain Madura United dan Persita Tangerang pada Duel Sabtu Petang ini