DPR Sahkan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Dinaturalisasi, Pengambilan Sumpahnya di Belanda

foto

Foto: PSSI

Eliano Reijnders (kiri) dan Mees Hilgers (kanan).

JAKARTA, KejakimpolNews.com - Rapat Paripurna DPR RI resmi mengesahkan permohonan naturalisasi dua pesepakbola kelahiran Belanda, yakni Mees Hilgers dan Eliano Reijnders.

Mees Hilgers dan Eliano Reijnders tinggal menunggu terbitnya Keppres (Keputusan Presiden) dari Presiden Jokowi.

Namun, keduanya akan disumpah
oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Den Haag, Belanda, pada 23 September 2024 mendatang.

Alasannya, seperti dikatakan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Supratman Andi Agtas, karena Hilgers dan Eliano saat ini masih memperkuat klubnya di Liga Belanda dan masih disibukkan dengan agenda klubnya.

Mess Hilgers saat ini bermain di FC Twente, Belanda kelahiran 13 Mei 2001, sedangkan Eliano Reijnders bermain di PEC Zwolle, Belanda, kelahiran 23 Oktober 2000.

Karena itu, Menteri akan
memberangkatkan petugas dari Kementerian Hukum dan HAM yakni Dirjen Administrasi Hukum Umum (AHU) untuk pengambilan sumpah bagi warga negara di Kedutaan Besar RI di Belanda.

Rapat Paripurna DPR RI yang berlangsung Kamis (19/09/2024) dipimpin Lodewijk Freidrich Paulus sebelumnya telah meminta persetujuan kepada peserta rapat, terkait naturalisasi Mees dan Eliano. Peserta rapat pun menyetujui naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders.

"Kami umumkan, bahwa sesuai hasil rapat konsultasi pengganti rapat badan musyawarah antara pimpinan DPR dan pimpinan fraksi-fraksi pada 12 September 2024, memutuskan menugaskan Komisi III dan X," kata Lodewijk Freidrich Paulus.

Hasil pembahasannya diputuskan, dalam Rapat Paripurna sesuai dengan pembahasan Komisi III dan X sebelumnya yang memutuskan menyetujui pemberian kewarganegaraan RI kepada Eliano Reijnders dan Mees Hilgers.

Anggota Komite Eksekutif PSSI, Arya Sinulingga mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada DPR RI yang telah mengesahkan permohonan naturalisasi untuk Mees Hilgers dan Eliano Reijnders. "Semoga dalam waktu dekat mereka bisa debut bersama Timnas Indonesia,'' kata Arya Sinulingga.

Tim Nasional (Timnas) Indonesia dalam waktu dekat akan menjalani dua pertandingan lanjutan babak Ketiga Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada Oktober mendatang. Skuad Garuda akan bertandang ke Bahrain (10 Oktober) dan China (15 Oktober).

Seperti diberitakan, pada pertandingan
sebelumnya Kamis (05/09/2024) Timnas Indonesia berhasil menahan imbang 1-1 Arab Saudi di kandangnya, dan Selasa (10/09/2024) bermain seri 0-0 ketika bertemu Australia di Jakarta.

Dalam klasemen sementara Grup C, Timnas Indonesia saat ini berada di posisi ke empat di bawah Jepang, Arab Saudi dan Bahrain. Sedangkan Australia dan China berada di posisi ke lima dan enam.

Editor : Omay Komar

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Inilah Susunan Pemain Persebaya Kontra Barito Putera Malam ini
Lawan Port FC di Piala ACL 2, Gelandang Persib Kocijan Makin Percaya Diri
Bek Timnas Indonesia Justin Hubner: Skuad Garuda Tidak Gentar Hadapi Australia!
Shin Tae-yong Fokus Melatih Tingkatkan Performa Skuad Garuda di Bawah Guyuran Hujan Deras
STY Optimistis Tim Garuda Siap Bikin Kejutan Saat Menjamu Australia