Tak Ada Juara dan Degradasi

PSSI Resmi Batalkan Kompetisi Liga 1 dan Liga 2

  • Gaiskha
  • Rabu, 20 Januari 2021 | 19:27 WIB
foto

Gaiskha

DENGAN dibatalkannya kompetsi Liga 1 dan 2 musim 2020, maka Persib harus kembali menyusun persiapan lagi menyongsong Liga 1 tahun 2021 yang entah kapan akan dimulai.

JAKARTA, KejakimpolNews.com.- Pupus sudah pecinta sepak bola dalam negeri untuk menonton kompetisi Liga Indonesia, sebab PSSI secara resmi membatalkan lanjutan Kompetisi Liga 1 dan 2 musim 2020. Pembatalan tersebut meruapakan salah satu putusan rapat Eksekutif Komite (Exco) PSSI yang diselenggarakan Rabu (20/1/2021).

Pembatalan kompetisi diambil PSSI karena kondisi force majeure terkait dengan pandemi Covid-19. Itu putusan pertama. Putusan kedua, tidak ada juara dan tidak ada degradasi. Ketiga, peserta kompetisi Liga 1 dan 2 musim 2021 adalah peserta kompetisi musim 2020. Keempat, kontrak pemain diatur oleh klub mengacu kepada aturan keadaan kahar di dalam kontrak masing-masing klub.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan, keputusan Exco PSSI ini didasari oleh masukan klub Liga 1 dan 2 saat owners meeting klub Liga 1 dan 2 pada15 Januari 2021. Berdasarkan masukan, Exco PSSI memutuskan bahwa Liga 1 dan 2 itu musim 2020 dibatalkan.

Sementara itu, Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita, menjelaskan, sebelum putusan Exco PSSI, pihaknya sudah berkomunikasi dengan klub-klub Liga 1 dan 2 melalui virtual meeting.

"PT LIB sudah mempresentasikan alasan kenapa liga tidak diizinkan, termasuk surat permohonan izin dan berbagai upaya yang sudah dilakukan termasuk melakukan kunjungan kepada petinggi/pejabat terkait," ungkapnya.

Senada dengan Dirut PT LIB, Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno, menambahkan, dalam virtual meeting itu, klub Liga 1 dan 2 rata-rata menginginkan kompetisi musim 2020 dibatalkan. Mereka hanya ingin menatap musim baru tahun 2021 dan membatalkan musim 2020.

Untuk menyongsong musim Liga Kompetisi 2021, klub-klub Liga 1 dan 2 juga menyarankan, sebaiknya PT LIB harus sudah mengantongi izin dulu dari Mabes Polri, dengan demikian klub akan lebih mudah untuk mempersiapkan musim kompetisi 2021 dengan terencana.**

Editor: Maman Suparman

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Ludahi Wasit, Fotografer Bhayangkara FC Dihukum Tak Boleh Hadir di Stadion Selama Setahun
Lawan Vietnam, Timnas Indonesia Tak Sekadar Gengsi dan Harga Diri Tapi Juga Buka Peluang
Yakin Timnas Indonesia Kalahkan Vietnam, Beckham: Di Piala Asia Juga Kita Menang
Hadapi Vietnam Leg-2 di Stadion My Dinh, Hanoi, STY Panggil Ferrari dan Irianto
Lawan Vietnam STY Siapkan Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen Pengganti Sandy Walsh dan Ivar Jenner