Tak Ada Juara dan Degradasi

PSSI Resmi Batalkan Kompetisi Liga 1 dan Liga 2

  • Gaiskha
  • Rabu, 20 Januari 2021 | 19:27 WIB
foto

Gaiskha

DENGAN dibatalkannya kompetsi Liga 1 dan 2 musim 2020, maka Persib harus kembali menyusun persiapan lagi menyongsong Liga 1 tahun 2021 yang entah kapan akan dimulai.

JAKARTA, KejakimpolNews.com.- Pupus sudah pecinta sepak bola dalam negeri untuk menonton kompetisi Liga Indonesia, sebab PSSI secara resmi membatalkan lanjutan Kompetisi Liga 1 dan 2 musim 2020. Pembatalan tersebut meruapakan salah satu putusan rapat Eksekutif Komite (Exco) PSSI yang diselenggarakan Rabu (20/1/2021).

Pembatalan kompetisi diambil PSSI karena kondisi force majeure terkait dengan pandemi Covid-19. Itu putusan pertama. Putusan kedua, tidak ada juara dan tidak ada degradasi. Ketiga, peserta kompetisi Liga 1 dan 2 musim 2021 adalah peserta kompetisi musim 2020. Keempat, kontrak pemain diatur oleh klub mengacu kepada aturan keadaan kahar di dalam kontrak masing-masing klub.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan, keputusan Exco PSSI ini didasari oleh masukan klub Liga 1 dan 2 saat owners meeting klub Liga 1 dan 2 pada15 Januari 2021. Berdasarkan masukan, Exco PSSI memutuskan bahwa Liga 1 dan 2 itu musim 2020 dibatalkan.

Sementara itu, Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita, menjelaskan, sebelum putusan Exco PSSI, pihaknya sudah berkomunikasi dengan klub-klub Liga 1 dan 2 melalui virtual meeting.

"PT LIB sudah mempresentasikan alasan kenapa liga tidak diizinkan, termasuk surat permohonan izin dan berbagai upaya yang sudah dilakukan termasuk melakukan kunjungan kepada petinggi/pejabat terkait," ungkapnya.

Senada dengan Dirut PT LIB, Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno, menambahkan, dalam virtual meeting itu, klub Liga 1 dan 2 rata-rata menginginkan kompetisi musim 2020 dibatalkan. Mereka hanya ingin menatap musim baru tahun 2021 dan membatalkan musim 2020.

Untuk menyongsong musim Liga Kompetisi 2021, klub-klub Liga 1 dan 2 juga menyarankan, sebaiknya PT LIB harus sudah mengantongi izin dulu dari Mabes Polri, dengan demikian klub akan lebih mudah untuk mempersiapkan musim kompetisi 2021 dengan terencana.**

Editor: Maman Suparman

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Pecandu Bola Boleh Gembira, Pra Musim Piala Menpora Siap Digelar
Pengurus Klub Resah, Persikab "Cuekin" Klub-Klub Pendirinya