PON XX Papua 2021

Gunaryo Sebut Rabu Malam ini Jabar Bisa Kunci Gelar Juara Umum

foto

istimewa

JABAR selangkah lagi jadi juara umum PON XX Papua

BANDUNG, KejakimpolNews.com -  Bagi Jawa Barat gelar juara umum PON XX Papua 2021 sepertinya sudah di pelupuk mata. Pada Rabu (13/10/2021) ini Kontingen Jawa Barat masih menanti untuk bisa mengunci gelar juara umum tersebut.

Jika 10 keping medali emas bisa diraih para atlet di masing-masing cabang olah raga, maka Kontingen Jawa Barat bisa dipastikan keluar sebagai juara umum PON XX/2021.

Kepala Bidang Pusat Pengumpulan Data KONI Jawa Barat (Pulahta), Gunaryo menjelaskan,  pada Rabu ini Jawa Barat memungkinkan sekali untuk meraih target tersebut, karena ada beberapa cabang olah raga yang berpotensi meraih medali emas hingga 10 keping.

"Paling tidak sampai Rabu malam kita sudah mengunci dan memastikannya (juara umum atau belum) tergantung raihan medali dari cabor yang final hari ini," kata Gunaryo, dilansir dari laman resmi KONI Jabar.

Menurut Gunaryo, Jawa Barat sampai saat ini bersaing dengan Jawa Timur (Jatim) dan DKI Jakarta dalam perolehan medali emas. "Tetapi, dari data yang kami catat, Jatim agak berat untuk mengejar kontingen kita, karena pada Rabu ini Jatim tidak akan sampai meraih 20 medali, sementara DKI hanya lima emas saja yang berpotensi bisa diraihnya," ujarnya menambahkan.

Tuan rumah Papua juga menjadi sorotan Pulahta KONI Jawa Barat sebagai kontingen karena secara bersamaan di hari Rabu ini, masih memiliki peluang meraih medali emas.

"Kalau Jatim tak akan sampai di 20 medali, Papua justru masih menyisakan beberapa nomor yang memungkinkan mereka bertambah, sedikitnya ada empat nomor yang akan dimiliki Papau terutama dari terjun payung dan menembak. DKI dan Jatim juga hari ini berharap bisa menambah emas dari renang dan loncat indah," timpal Gunaryo.

Untuk Jawa Barat peluang tambahan emas akan lahir dari cabang olah raga atletik. Sementara peluang Jatim yang berharap bisa berjaya di atletik cukup tipis lantaran peluangnya sudah didominasi Jawa Tengah (Jateng).

"Sampai sore nanti Jawa Barat kemungkinan akan bertambah dari cabor renang, dengan dua medali emas saja cukup bagi renang untuk memastikan kita bisa mengumumkan gelar juara umum," Gunaryo mengungkapkan.

Dia menambahkan, renang akan menjadi cabang olahraga terakhir di hari Rabu ini. "Yang pasti, masa pertempuran terutama di tanggal 11 dan 12 adalah masa-masa pertempuran yang sebenarnya. Kita berharap sampai dengan tanggal 13 dan 14 posisi kita di atas terus dipertahankan sehingga di tanggal 15 kita bisa konsentrasi ke penutupan," katanya.

Hingga pukul 14:00 WIB, posisi perolehan medali PON XX/2021, Jawa Barat masih belum tergoyahkan. Pada klasemen tersebut Jawa Barat berada pada posisi  117 emas, 89 perak dan 103 perunggu.

"Malam nanti kita sudah bisa memastikan, karena secara data sangat faktual, akurat dan dapat dipertanggung jawabkan, tapi kami masih menunggu persetujuan pimpinan untuk mengumumkannya secara resmi," kata Gunaryo memungkasi.**

Editor: Dede Suryana

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Wow Seginilah Hadiah Uang yang Digondol Jojo, Ginting, dan Fajar/Ryan Usai Jawara All England
PSSI Gelar Seminar Mengenai Perselisihan Kontrak Pemain
Cycling de Jabar 2024, Eksplorasi Pariwisata Ciayumajakuning
Ciamiknya Debut Manis Pemain Muslim Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye
Lawan Vietnam, Timnas Indonesia Tak Sekadar Gengsi dan Harga Diri Tapi Juga Buka Peluang