Polri Takkan Keluarkan Izin

Jadwal Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 Terancam Batal

foto

Ist.

Kadiv. Humas Polri Irjen (Pol) Argo Yuwono.

BANDUNG,kejakimpolnews.com.- Latihan berbulan-bulan sampai matang, mengontrak pemain sekaligus mendatangkan pemain asing, seakan sia-sia bagi Persib Bandung dan juga klub lainnya. Pasalnya, Polri tak akan mengeluarkan izin keramaian/pertandingan baik Liga 1 maupun Liga 2.

Demikian disampaikan Kadiv. Humas Polri, Irjen. Argo Yuwono. Alasan Polri tidak memberi izin bagi Liga 1 dan Liga 2, karena pandemi Covid-19 yang kian mengkhawatirkan.

Pengumuman Polri ini cukup mengagetkan karena dikeluarkan Senin (28/09) hanya dua hari jelang kompetisi sepak bola Liga 1 ini akan bergulir.

Sebenarnya, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah mengantongi izin dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kamis (17/9/2020) dan saat itu PSSI, BNPB, dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menandatangani MoU tentang penyelenggaraan Liga 1 dan Liga 2 tahun 2020.

Namun, pada Senin (28/9/2020) malam, rapat darurat kembali digelar untuk menentukan nasib Liga 1 2020. Rapat tersebut diikuti Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Menpora Zainudin Amali, serta Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita.

Akhir rapat diputuskan, Polri tak mengeluarkan izin untuk digelarnya Liga 1 dan Liga 2 tahun 2020. Pernyataan itu diumumkan langsung oleh Kadiv Humas Polri, Irjen Argo Yuwono.

"Terkait Liga Indonesia Baru 1 dan 2 yang akan dilaksanakan mulai tanggal 1 Oktober 2020, Polri tidak mengeluarkan izin keramaian," kata Argo.

Argo menyebut, persebaran pandemi Covid-19 masih mengkhawatirkan untuk menggelar kegiatan olah raga.

Dengan putusan itu Persib Bandung yang telah menggelar training games untuk mematangkan persiapan menghadapi lanjutan Liga 1 2020 di Stadion GBLA, Kota Bandung, menjadi sia-sia.Pun klub yang lainpun pasti kecewa.

"Polri bersama TNI serta stakeholder terkait sedang konsentrasi mendukung kebijakan pemerintah, melakukan operasi yustisi di semua jajaran," tandas Argo.

Pernyataan Polri itu membuat penyelenggaraan Liga 1 dan Liga 2 2020 sangat berpotensi gagal digelar. Hingga berita ini ditulis, PSSI dan PT LIB belum mengeluarkan pernyataan resmi soal "fatwa" Polri di atas.

Laga perdana Liga 1 Kamis (1/10) telah terjadwal yakni tanding antara PSS Sleman versus Persik Kediri di Stadion Maguwoharjo. Sedangkan Persib Bandung sendiri menurut rencana akan menghadapi PSM Makasar pada 4 Oktober. Pertandingan akan berlangsung di Stadion Sultan Agung Bantul, Yogyakarta.

Editor : Maman Suparman

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Yakin Timnas Indonesia Kalahkan Vietnam, Beckham: Di Piala Asia Juga Kita Menang
Ludahi Wasit, Fotografer Bhayangkara FC Dihukum Tak Boleh Hadir di Stadion Selama Setahun
Orientasi Olahraga Masyarakat Bedas Digelar, Ini Harapan Ketua KORMI Kab. Bandung, Emma Deti
Ciamiknya Debut Manis Pemain Muslim Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye
Tanpa Pratama Arhan dan Ivan Jenner Karena Sakit, Timnas Indonesia Siap Lawan Vietnam Malam Ini