Jet Pribadi

foto

Foto : Istimewa

Jet Pribadi bisa disewa atau dimiliki.

Oleh RIDHAZIA
(Wartawan Senior)

DIBERITAKAN, Kaesang Pangarep berurusan dengan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengklarifikasi keberangkatannya ke Amerika Serikat pada 18 Agustus 2024.

Pasalnya dia dan istrinya diduga melakukan gratifikasi setelah menggunakan jet pribadi untuk urusan pribadi dengan menaiki pesawat sipil sewaan (airliner) Gulfstream G200.

Pesawat Lawas

Sekadar diketahui, jet pribadi G200 itu sudah lawas. Diproduksi terakhir pada 19 Desember 2011. Keseluruhan jumlahnya 250 unit saja.

Pesawat ini menggunakan mesin Rolls-Royce yang diklaim memiliki kecepatan jelajah sangat cepat. Maksimum 460 knot atau setara 851,92 km/jam. Ketinggian jelajah maksimum 45.000 kaki setara 13.716 meter.

Tarif sewanya saja rata-rata per jam sekitar US$ 5.950 per jam atau Rp92 jutaan. Sedangkan harganya satu pesawat Gulfstream G200 dikisaran US$5,80 hingga US$7,30 juta.

Pebisnis dan pesohor

Jet pribadi identik dengan pebisnis dan pesohor dunia yang superkaya dan supersibuk. Bisa dimiliki. Juga bisa pula sekadar menyewa sebagaimana pernah dilakukan politisi dan Ketum PDIP Megawati.

Sebut saja mantan Wapres Jusuf Kalla. Ia punya pesawat pribadi. Pesawat mewah itu pernah menjadi tumpangan Menteri Mahfud MD dan politisi Anies Baswedan kalau ada acara pengajian di Makasar.

Prabowo Subianto pun memiliki jet pribadi. Pesawat jet miliknya merupakan tipe Legacy 600 dengan kapasitas penumpang sekitar 13-14 orang.

Apalagi mantan menteri Susi Pudjiastuti. Pemilik maskapai Susi Air juga memiliki sejumlah aset jet pribadi tipe business jet dengan kapasitas 6-8 penumpang.

Pebisnis Chairul Tanjung, bos Trans Corps juga memiliki pesawat jet pribadi Gulfstream G550 yang harganya sekitar Rp800 miliar.

Malah Aburizal Bakrie, politisi Partai Golkar dan pebisnis memiliki jet pribadi Embraer Legacy 600 berkapasitas 13 penumpang

Sedangkan pesohor di dunia hiburan yang memiliki pesawat pribadi antara lain Syahrini dan suaminya, Reino Barack.

Selain Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Pasangan selebriti memiliki jet pribadi. Tapi sudah dijual kembali pada 2023 seharga Rp39 miliar.

Selebriti lainnya Irwan Mussry, pengusaha jam tangan mewah sekaligus suami Maia Estianty yang diketahui memiliki jet pribadi mewah. Pernah digunakan untuk perjalanan Amerika ke Indonesia.

Terjauh dan Tercepat

Bukan sesuatu yang luar biasa kalau pesawat jet pribadi memenuhi ekspektasi untuk penerbangan terjauh sekaligus tercepat.

Bisa memangkas waktu perjalanan dibanding menggunakan pesawat komersil biasa. Sekaligus pelayanan yang memanjakan kebutuhan pribadi dengan kabin yang didesain khusus untuk penumpang istimewa.**

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Pak Polisi Mengapa Harus Refresif?
Anung Bukan Anies
Efek Domino Tani Mukti Teori Ekonomi Warisan Almarhum Faisal Basri
Pilkada Beda-Beda Kayak Embe dan Kuda
Yahudi, Israil Sing Senes