Numpang di SDN Mekarbiru

Sekolah Baru SMPN 5 Cileunyi Akhirnya Hadir, Kades Cibiruhilir "Curhat"

foto

Yayan Sofyan

SMPN BARU - Warga Desa Cibiruhilir dan sekitarnya boleh bangga karena telah hadir sekolah baru SMPN 5 Cileunyi. Nantinya akan dibangun di lahan Fasilitas Sosial (Fasos) Kompleks Bumi Harapan, Desa Cibiruhilir. Untuk sementara, siswa kelas 1 SMPN 5 Cileunyi ini menempati dulu SDN Mekarbiru, Desa Cibiruhilir, Kec. Cileunyi, Jumat (2/9/2022).

CILEUNYI, KejakimpolNews.com - Impian warga Desa Cibiruhilir, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung dan sekitarnya akhirnya terkabul. Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) hadir di Desa Cibiruhilir terwujud.

Keberadaan sekolah baru SMPN 5 Cileunyi saat ini baru dan sudah menampung 160 murid kelas 1 yang proses kegiatan belajar mengajarnya (KBM) terpaksa menumpang di SDN Mekarbiru Desa Cibiruhilir.

Saat ini untuk bangunan SMPN 5 Cileunyi baru dibangun 1 lokal. Kades Cibiruhilir Dadang Silahudin ketika dikonfirmasi KejakimpolNews.com membenarkan kehadiran sekolah baru SMPN 5 Cileunyi telah hadir di desanya.

Hanya kata Dadang, mulai tahun ini SMPN 5 yang sudah mulai proses KBM kelas 1 hingga pembangunan SMPN 5, ia "curhat". Dadang mengaku tak pernah diajak koordinasi dengan pihak terkait.

"Jujur, saya selaku Kades Cibiruhilir turut mendorong, mengapresiasi dan turut gembira SMPN hadir di Desa Cibiruhilir. Bayangkan, sejak tahun 2008 warga Desa Cibiruhilir berkeinginan SMP negeri hadir," ujar Dadang kepada KejakimpolNews.com, Jumat (2/8/2022).

Hanya kata Dadang, ia bertanya mengapa sejak SMPN 5 mulai proses KBM dan numpang di SDN Mekarbiru hingga dibangunnya SMPN 5 tak pernah diajak koordinasi alias tak dianggap dan dilihat sebelah mata.

"Banyak warga Desa Cibiruhilir yang bertanya terkait SMPN 5 Cileunyi, termasuk proyek pembangunannya ke desa. Ya saya jawab tidak tahu," ungkap Dadang. Dikatakan Dadang, pembangunan SMPN 5 Cileunyi dibangun di lahan fasos dan fasum Kompleks Bumi Harapan Desa Cibiruhilir.

"Saya bukan tidak mendukung keberadaan SMPN 5 Cileunyi ini. Keberadaan SMPN 5 kan untuk menampung anak didik warga Desa Cibiruhilir yang tak diterima di sekolah lain karena aturan zonasi. Justru saya berterima kasih dan bangga SMPN 5 Cileunyi hadir demi memajukan pendidikan. Tapi tolong ajaklah saya koordinasi,"tutup Dadang.

Sementara itu Kasi Sosbud Kecamatan Cileunyi Uwon Suwondo dan Kepala SMPN 5 Cileunyi Endin Muslihin membenarkan hadirnya sekolah baru SMPN 5 Cileunyi di Desa Cibiruhilir tersebut.

"SMPN 5 Cileunyi tahun ini KBM nya sudah berjalan normal meski sementara harus menumpang di SDN Mekarbiru dengan jumlah murid kelas 1 160 orang. KBM siang hingga sore hari, 5 kelas (rombongan belajar) dengan 14 guru, 3 guru PNS sisanya guru honorer," terang Endin Muslihin.

Ditanya terkait keluhan Kades Cibiruhilir yang mengaku tak pernah diajak koordinasi, Endin Muslihin mengatakan, pihaknya kerap melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak.

"Hanya, untuk pembangunan SMPN 5 Cileunyi yang saat ini baru dibangun saya tak tahu karena itu urusan pemborong. Saya selaku pengelola SMPN 5 Cileunyi hanya sebatas pihak penerima manfaat," pungkas Endin.**

Editor : Yayan  Sofyan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Yuk Ah Daftar Mumpung Program Beasiswa Indonesia Bangkit Diperpanjang Kementerian Agama
Prodi Teknik Sipil Kado HUT ke -19 Uniku
Lagi, Siswa Madrasah Aliyah Torehkan Prestasi Internasional
Pungutan di Sejumlah Sekolah Mencuat, Disdik Jabar Minta Kegiatan Komite Sekolah Dihentikan Sementara
Kesbangpol Gelar Dikpol Bagi Siswa SMK-SMA Jelang Pemilu 2024.