Jabar Dominasi Calon Penerima Bea Siswa Kuliah di Al Azhar Mesir, Berikut Namanya

foto

Foto : Kemenag RI.

Dirjen Pendidikan Islam Kemenag, M. Ali Ramdhani.

JAKARTA, KejakimpolNews.com - Lima peserta seleksi dari Jawa Barat terpilih sebagai calon penerima beasiswa kuliah di Universitas Al-Azhar Mesir. Kelima peserta dari Provinsi yang dipimpin oleh Gubernur Ridwan Kamil ini tercatat di antara 20 peserta seleksi yang terpilih sebagai calon penerima beasiswa kuliah di Al Azhar Mesir, yang Jumat (02/09/2022) diumumkan oleh Kementerian Agama (Kemenag).

Ke-15 peserta lainnya yang terpilih masing-masing berasal dari Jawa Timur, Sumatra Utara, Kalimantan Barat, DKI Jakarta, Banten, Sulawesi Selatan, Aceh, Sumatra Selatan, Jawa Tengah dan Kalimantan Selatan.

Informasi ini tertuang dalam pengumuman hasil seleksi yang ditandatangani oleh Dirjen Pendidikan Islam M Ali Ramdhani tertanggal 1 September 2022. “Setelah melalui proses seleksi ketat, terpilih 20 calon penerima beasiswa kuliah di Universitas Al-Azhar Mesir,” kata Ali Ramdhani di Jakarta, Jumat (02/09/2022).

Dikatakan, ke-20 peserta ini terpilih sebagai yang terbaik berdasarkan hasil Uji Kompetensi Ikhtibar Tashfiyah dan Tahdid Mustawa, serta Tes Wawancara Kebangsaan. Uji Kompetensi Bahasa (UKB) digelar bekerja sama dengan Pusat Bahasa Markaz Syeikh Zayed Kairo pada 25-26 Agustus 2022.

Bersamaan itu, dilakukan juga Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) oleh Tim Pokja Moderasi Beragama Kementerian Agama. Ali Ramdhani minta, agar ke-20 peserta yang terpilih ini segera melengkapi dokumen yang diperlukan sesuai ketentuan dari Universitas Al-Azhar, Mesir.

Kementerian Agama, ujarnya, tahun 2022 ini kembali mendapat 20 kuota beasiswa untuk mahasiswa baru yang akan kuliah di Al-Azhar Mesir. Kuota yang tersedia ini diperebutkan oleh 1.252 peserta seleksi.

“Seleksi beasiswa Al-Azhar sangat kompetitif. Dari 1.252 peserta, hanya 20 yang terpilih mendapat beasiswa,” ujarnya pula. Selain jalur beasiswa, ada 711 peserta yang juga dinyatakan lulus uji kompetensi oleh Pusat Bahasa Markaz Syeikh Zayed Kairo. Mereka berhak mendapatkan rekomendasi Kementerian Agama RI untuk melanjutkan studi ke Universitas Al-Azhar Mesir tahun akademik 2022-2023.

“Namun, untuk 711 peserta ini berhak mendaftar ke Al-Azhar melalui jalur non beasiswa,” tandasnya. Inilah 20 peserta calon penerima beasiswa Universitas Al-Azhar tahun 2022:

1. Abdullah Faiz Alhamshoni (Jawa Timur)

2. Ahmad Fauzan Siregar (Sumatera Utara)

3. Akmal Fathi Rayyan Fadli (Kalimantan Barat)

4. Almaidah Penantina (DKI Jakarta)

5. Ananda Rizky Al Thoriq (Banten)

6. Hilwid Dafa’ul Izza (Jawa Timur)

7. Ikrimah Rauf (Sulawesi Selatan)

8. M. Ghufran (Aceh)

9. Muchammad Nuch Naufal Agung (Jawa Timur)

10. Muhammad Auliaul Haq (Jawa Timur)

11. Muhammad Najib Helmy (DKI Jakarta)

12. Muhammad Sulthan Naufal (DKI Jakarta)

13. Muhammad Taufik Al Hakim (Jawa Barat) Q. Nur Ihsan (Sumatera Selatan)

15. Raf’an Bilhaq Isrofil (Jawa Tengah)

16. Silfian Fajri (Kalimantan Selatan)

17. Siti Rohmah Komariah (Jawa Barat)

18. Tukhpatul Maula (Jawa Barat)

19. Verdy Ardian (Jawa Barat) 20. Wulan Sari (Jawa Barat)**

Editor : Omay Komar

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Berkunjung ke SD di Bekasi, Bey Machmudin Ajak Siswa Berlomba dalam Prestasi
Siswa SMAN 5 Kota Bandung Tergugah Jaga Lingkungan Lewat Rakhsa Bumi
Puluhan Murid TK PGRI Tunas Mekar Sambangi Mapolsek Losarang
Focus Group Discussion Moderasi Beragama di Kab.Garut: Menuju Keharmonisan dan Kesejahteraan Bersama
300 Peserta Ikuti Forum Group Discussion Dalam Rotasi Ramadan di Univ. Bale Bandung