Kesbangpol Gelar Dikpol Bagi Siswa SMK-SMA Jelang Pemilu 2024.

foto

H. Wawan Hermawan, Jr

BADAN Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Kuningan menggelar Pendidikan Politik bagi siswa SMK/SMA se-kabupaten dipusatkan di Wisma Pepabri Jl. Raya Bojong-Linggasana Kuningan Jawa Barat, Rabu (21/9/2022).

KUNINGAN, KejakimpolNews.com - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Kuningan menggelar Pendidikan Politik bagi siswa SMK/SMA se-kabupaten dipusatkan di Wisma Pepabri Jl. Raya Bojong-Linggasana Kuningan Jawa Barat, Rabu (21/9/2022).

"Kegiatan 'Dikpol' ini dalam rangka neningkatkan partisipasi generasi muda dalam menyukseskan Pemilu dan Pemilukada tahun 2024," demikian dikatakan Kepala Bidang Politik dan Orkemas Kesbangpol Kuningan, Elin Ratna Marlina, M.Si., disela acara 'Dikpol' SMK/SMA.

Diharapkan melalui kegiatan ini para siswa umumnya generasi muda, dapat menyerap pengetahuan hak berpolitiknya. Terkait proses pelaksanaan pemilu ujar Elin Ratna Marlina, pemula harus memiliki dan mendapat wawasan pendidikan di bidang politik. Tujuannya memberikan arahan terhadap pemilih pemula, baik secara keterampilan untuk meningkatkan mekanisme pemilu maupun pemilukada.

Penjelasan senada disampaikan Kepala Badan Kesbangpol Kuningan Dr.H.M. Budi Alimudin, M.Si. Sosialisasi pendidikan politik ini kata Budi, diikuti siswa SMK/SMA dari tiap sekolah diambil masing masing 10 siswa.

Materi 'Dikpol' yang disosialisasikan yaitu, perundang undangan pemilu dan pemilukada tahun 2024. Sedangkan tahapan pemilu sudah dimulai tahun 2022 secara bertahap. Pemilu dilaksanakan secara "Luber" (langsung, umum, bebas dan rahasia) serta asas "jurdil" (jujur dan adil) sebagai sarana kedaulatan rakyat.

Dalam sosialisasi UU pemilu kali ini, para pemilih pemula sebagai sumber suara dalam pemilihan, diawali oleh remaja yang sudah berusia minimal 17 tahun. Sementara itu, pemilu akan digelar serentak hari Rabu 14 Pebruari 2024 yaitu, pemilihan Presiden dan wakil presiden DPR, DPRD dan DPD. Sedangkan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah, dilaksanakan 27 November 2024.

Saat ini Kesbangpol Kuningan telah mencatat 25 Parpol yang mendaptar di kabupaten Kuningan dan 22 parpol 2023 di antaranya akan mengikuti verifikasi.

Bupati Kuningan ,H.Acep Purnama dalam kata sambutannya mengatakan, "Terciptanya generasi muda yang cerdas dalam kemajuan kabupaten Kuningan menuju Kuningan Maju Agamis Pinunjul dan berbasis desa salah satunya peran serta generasi muda sebagai peserta yang akan mengikuti pemilu pemula."

Menurut demografis di Indonesia kata bupati, hampir 65 % terdiri dari anak-anak muda yang produktif yang punya kemampuan berpikir maju Terlebih beragam suku bangsa adat dan agama merupakan ciri khas bangsa Indonesia yang menganut kebhinekaan yang berazaskan Pancasila dan UUD 1945.

Bupati berharap, anakpanak mujda hendaklah menjadi manusia yang produktif dan semangat dan tetap harus berkarya. "Yang terpenting kita harus selalu bersyukur. Kita sudah memasuki era Revolusi 4.0 yang salah satunya termasuk momentum politik 2023, sudah dimulai tahapan-tahapannya. karena dari 4 momentum ada dua momentum yang dijadikan satu, di antaranya kita akan masuk kepada bagian hak-hak untuk berpolitik," kata Acep.

Partisipasi generasi muda dalam politik tambah Acep,  merupakan komponen besar untuk menyukseskan pesta demokrasi di Indonesia. "Berdasarkan tema giat 'Dikpol' ini, saya melihat ada semangat kehidupan dan keberlangsungan. Ada masyarakat pejabat dan ada pemimpin selaku negara yang berdemokrasi," ujar Acep. (H. Wawan Jr)**

Editor : Maman Suparman

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Lagi, Siswa Madrasah Aliyah Torehkan Prestasi Internasional
Pungutan di Sejumlah Sekolah Mencuat, Disdik Jabar Minta Kegiatan Komite Sekolah Dihentikan Sementara
Uniku Dibanjiri 2.253 Pendaftar Regular II Dari Seluruh Indonesia
28 Mahasiswa Dari 19 PT Luar Pulau Jawa Ikuti PMM di Uniku
Jabar Dominasi Calon Penerima Bea Siswa Kuliah di Al Azhar Mesir, Berikut Namanya