Kalahkan UIN Jakarta dan Surabaya

UIN SGD Bandung Ranking Pertama Dunia dari 10 PTKIN Indonesia

foto

Foto: endis.kemenag.go.id

UIN Sunan Gunung Djati di Jln. AH Nasution, Cipadung Bandung, rangking kesatu di Indonesia berdasarkan penilaian dunia.

BANDUNG, KejakimpolNews.com- Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD) Bandung diposisikan pada ranking pertama di dunia dari 10 PTKIN di Indonesia. Demikian diperoleh dari ari laman Webometric Kamis 28 Januari 2021.

UIN (SGD) Bandung berada pada ranking 3.560 dari seluruh perguruan tinggi dunia. Sedangkan sembilan UIN/IAIN lainnya berada di bawahnya. UIN Jakarta dan UIN Surabaya yang digadang-gadang menjuarai posisi terhormat harus puas di urutan 3.982 dan 4.858. Disusul posisi UIN Lampung (5.036) IAIN Kendari (5.170), UIN Malang (5.637) UIN Riau (5.788), IAIN Cirebon (5.817) UIN Semarang (6486).

Peringkat Universitas menurut Webometrics (Webometrics Ranking of Universities) adalah inisiatif untuk mempromosikan dan membuka akses publikasi ilmiah guna meningkatkan kehadiran akademik dan lembaga-lembaga penelitian di Situs Web.

Peringkatan dimulai pada tahun 2004 dan didasarkan pada gabungan indikator yang memperhitungkan baik volume maupun isi Web, visibilitas dan dampak dari publikasi web sesuai dengan jumlah pranala luar yang diterima. Peringkat ini diperbaharui setiap bulan Januari dan Juli, penyedia Web indikator universitas dan pusat penelitian di seluruh dunia.

Pendekatan yang mempertimbangkan berbagai kegiatan ilmiah di situs akademik yang sering diwakilkan dengan penggunaan indikator bibliometrik.**

Editor: Maman Suparman

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Kemendikbud Umumkan Skema Penyaluran BOS dan DAK Fisik Tahun 2021
Disdik Jabar Minta Kominfo Blokir Situs Porno Dalam Buku Pelajaran SMA
Kunjungan Wisman ke Jabar Turun 80 %
9 Dosen UIN Dapat Sertifikat Keahlian Internasional
Pemda dan Sekolah Paksakan Seragam Aribut Kekhususan Agama Akan Disanksi