Banjir Garut Selatan

Longsor Timbun Jalan Provinsi, Jalur ke Pameungpeuk Lumpuh

foto

Dede Suryana

Bukan hanya banjir, tanah longsor juga terjadi di Garut Selatan. Jalan provinsi di sekitar Kampung Cikadog, Desa Sinarbakti, tertutup longsoran tanah sepanjang 25 meter dengan ketinggian antara 2 sampai 3 meter.

GARUT, kejakimpolnews.com. - Bukan hanya banjir, bencana alam tanah longsor juga terjadi di kawasan Garut Selatan Senin (12/10). Jalan provinsi di sekitar Kampung Cikadog, Desa Sinarbakti, tertutup longsoran tanah sepanjang 25 meter dengan ketinggian antara 2 sampai 3 meter.

Para petugas yang melibatkan unsur TNI, Polri, BPBD, PUPR, Damkar dan juga masyarakat hingga siang terus bergotong royong menyingkirkan bongkahan material tanah bercampur bebatuan yang menutupi badan jalan. Namun karena minimnya alat berat, para petugas mengalami kesulitan membersihkan jalan dari tumpukan material tanah bercampur bebatuan.

Akibatnya lalu lintas di jalur tersebut lumpuh berjam-jam "Hingga siang pkl. 12.00 jalan itu masih belum bisa dilewati kendaraan," kata Pahrefi, Sekretaris BPBD kabupaten Garut lewat pesan singkatnya kepada kejakimpolnews.com.

Pahrefi menyebutkan, hujan sedang hingga deras yang turun sejak Sabtu (11/10) malam sekitar pk.19.00, diduga menjadi pemicu terjadinya longsor sebuah tebing yang kemudian menutupi badan jalan provinsi tersebut.

Terkait bencana banjir Pahrefi belum bisa memastikan berapa kecamatan yang terdampak. Ia hanya menyebut beberapa titik yang terdampak akibat banjir. Di Desa Cijambe, Kecamatan Cikelet misalnya, banjir merendam Kampung Kp. Ciwaru, Cikelet Kulon, Cimangke, dan Kampung Banjarsari.

Di desa ini sebuah tanggul penahan runtuh. Juga terjadi abrasi tanah di bantaran sungai, puluhan hektare sawah terendam, dan dilaporkan 1,5 ton padi hasil panen yang masih tersimpan di pesawahan lenyap terbawa banjir.Juga ada beberapa buah tiang listrik rubuh.

Editor: Dede Suryana

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Pendistribusian Bansos Tahap III di Jabar Tuntas
Ada Pidana Saat Habib Riziek Shihab Hadiri Acara di Megamendung
Polda Banten Siap Sedia Hadapi Bencana Alam di Wilayahnya
Polisi Sasar Jemaah Solat Jumat di Mesjid Raya Bandung
Polda Jabar Akan Periksa Habib Riziek Shihab