Satu Persatu Pentolan KAMI Ditangkap, Siapa Berikutnya?

foto

Div.Humas Polri

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Awi Setiyono

JAKARTA, kejakimpolnews.com.- Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri menangkap satu persatu para petinggi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI). Mereka diduga telah melakukan penghasutan dalam aksi demo 8 Oktober lalu.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Awi Setiyono menyebut, para anggota KAMI yang ditangkap yaitu Komite Eksekutif KAMI Syahganda Nainggolan; Jumhur Hidayat Deklarator KAMI, Anton Permana dan seorang penulis Kingkin Anida.

Mereka ditangkap di Jakarta. “Ya benar, Syahganda Nainggolan dan Jumhur Hidayat ditangkap. Untuk Anton kemarin ditangkap, kalau Jumhur dan Syahganda pagi tadi,” terang Awi menegaskan, di Jakarta, Selasa (13/10).

Sedangkan empat orang lainnya ditangkap di Medan, yaitu Juliana, Devi, Khairi Amri dan Wahyu Rosari Putri.

Masih dari keterangan Awi, dasar penangkapan oleh Mabes Polri itu atas dugaan pelanggaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

Pada saat aksi unjuk rasa tanggal 8 Oktober lalu, menurut Awi, para terduga disebut telah memberikan informasi yang menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan terhadap individu atau kelompok tertentu berdasarkan SARA dan penghasutan.

Awi melanjutkan, para pentolan KAMI ini bakal dijerat Pasal dalam UU ITE serta Pasal penghasutan dalam KUHP. Di kesempatan yang sama, Awi pun menjelaskan Pasal-pasal yang menjerat para anggota dan petinggi KAMI hingga ditangkap aparat kepolisian.

“Mereka dipersangkakan melanggar setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan terhadap individu atau kelompok tertentu berdasarkan atas SARA dan/atau penghasutan,” ujar Awi.

Para pentolan KAMI dijerat dengan Pasal dalam UU Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Selain itu, mereka dijerat pasal penghasutan dalam KUHPidana.

“Jadi, sesuai Pasal 45A ayat 2 UURI No 19 Tahun 2016 tentang ITE dan/atau Pasal 160 KUHP tentang Penghasutan,” tuturnya.

Awi juga menjelaskan, ancaman hukuman bagi anggota KAMI yang ditangkap. Mereka terancam hukuman 6 tahun penjara.

“Untuk ancaman pidananya untuk yang UU ITE 6 tahun pidana penjara atau denda Rp1 miliar, dan untuk penghasutannya di Pasal 160 KUHP ancaman pidananya adalah 6 tahun pidana penjara,” paparnya menambahkan.

Lanjut Awi, Polri masih melakukan pemeriksaan secara intensif. Polri juga akan menunggu pendampingan hukum bagi mereka yang belum didampingi kuasa hukumnya (pengacara).

“Dalam pemeriksaan 1×24 jam ini tentunya Polri akan melakukan pemeriksaan secara intensif, sambil juga menunggu yang beberapa belum ada pengacaranya, kita tunggu dan tentunya nanti akan ditindaklanjuti terkait dengan penyidikannya,” tambahnya.

Editor: Dede Suryana

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Kawanan Monyet Masih di Cileunyi, Sekdes Cileunyikulon: Mungkin Cari Makan Gratis
Lagi 1 Jasad Korban Longsor Cipongkor Ditemukan, Total 5 Dievakusi dan 6 Korban Masih Dicari
Pj. Gubernur Jabar Tarawih di Masjid Tertua Mungsolkanas Jalan Cihampelas Bandung
Nelayan Tewas, Bupati Indramayu Serahkan Santunan Rp238 Juta
Banjir Dahsyat Rendam Ribuan Rumah di Cirebon, Polresta Terjunkan Bantuan Evakuasi