Pencarian 8 ABK KM Sida Rahayu yang Terbalik di Perairan Laut Jawa Masih Nihil

foto

Foto : SAR

TIM SAR tengah mencari 8 ABK Kapal Motor Sida Rahayu.

KARAWANG, KejakimpolNews.com - Upaya pencarian 8 Anak Buah Kapal (ABK) KM Sida Rahayu 3 GT 30 yang hilang di perairan Laut Jawa terus dilakukan Tim SAR Gabungan.

Nasib keenam ABK tersebut masih belum diketahui setelah kapal yang mereka tumpangi terbalik akibat dihantam ombak besar. KN SAR Wisnu sejak tadi malam bergerak menuju LKP (Last Known Position) untuk melakukan pencarian korban, pihak Basarnas Bandung juga telah mendirikan posko SAR di Tanjung Sedari, Karawang.

Kepala Kantor SAR Bandung, Jumaril menyebut, sepanjang hari Minggu (28/8/2022) ini KN SAR Wisnu dan RIB 03 Jakarta melakukan penyapuan ke arah barat, karena berdasarkan SAR map prediction sebaran korban diprediksi mengarah ke barat. Sedangkan 2 unit LCR disiagakan di Pantai Sedari, Karawang.

Sementara tim SAR gabungan melakukan upaya penyapuan di pesisir pantai Sedari. Namun hingga petang hari pencarian masih belum membuahkan hasil. Diberitakan sebelumnya, delapan anak buah kapal (ABK) hilang dan enam ABK lainnya lolos dari maut, ketika kapal nelayan KM Sida Rahayu 3 dihantam ombak besar dan terbalik di perairan Laut Jawa pada koordinat 05 17'161" S 107 48'498"E, Jumat (26/08/2022).

KM Sida Rahayu 3 dengan 14 POB (Person On Board), berangkat melaut dari Pelabuhan Muara Angke, Jakarta pada Selasa (23/08/2022) dengan tujuan Laut Jawa. Namun pada Jumat pagi kapal nelayan tersebut ditemukan dalam kondisi terbalik. Kecelakaan yang menimpa KM Sida Rahayu pertama kali diketahui kapal TB Mitra Pulau yang sedang berlayar dari Sukamara menuju Marunda.

Mereka menemukan KM Sida Rahayu dalam posisi terbalik dan terombang ambing gelombang laut. Sementara di atas bangkai kapal yang nyaris tenggelam tersebut terlihat enam orang ABK pada berdiri sambil melambai-lambaikan tangan dan berteriak-teriak mita tolong.

Upaya pertolongan pun dilakukan begitu dramatis. Di tengah gelombang laut yang cukup besar, satu per satu ABK melompat ke laut menggapai pelampung terikat tambang yang dilemparkan oleh ABK TB Mitra Pulau. Mereka pun ditarik satu per satu hingga keenamnya selamat.**

Editor : Dede Suryana

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Jago Merah Mengamuk di Pabrik Telor Gabus di Tanjungsari Sumedang
Korban Tewas Imbas Gempa Cianjur Jadi 321
Disapu Puting Beliung Atap 76 Rumah Warga Samarang Garut Porak Poranda
Gedung Bappelitbang Kompleks Balai Kota Bandung Terbakar Hebat
Bocah Warga Ujungberung Hanyut Terbawa Arus Sungai Neglasari