Lahan Bambu Terbakar di Siang Bolong Mengganggu Aktivitas KBM

foto

H. Wawan Hermawan, Jr

KEBUN BAMBU TERBAKAR- Tampak petugas UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan tengah memadamkan api yang melahap kebun bambu.

KUNINGAN, KejakimpolNews.com - Lahan kebun bambu seluas 900 M2 milik Dodo di RT.17/RW.04 Desa Ciloa, Kecamatan Kramatmulya, Kabupaten Kuningan dilahap si jago merah, yang praktis menggangu aktivitas kegiatan belajar dan mengajar (KBM) TK Pembina Desa Ciloa sebab kebakaran itu terjadi siang hari bolong pukul 12.30 WIB, Rabu (14/9/2022).

Kronologis kejadian, menurut saksi Eli, guru TK Pembina. Pada pukul pukul 12.30 WIB, Eli melihat kepulan asap dan kobaran api. Kepulan asap itupun masuk ke area TK, sehingga menggangu aktivitas KBM.

Saksi Eli langsung melaporkan kebakaran kebun bambu tersebut ke UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan pada pukul 13.25 WIB. Tak lama kemudian, 5 petugas dan 1 kendaraan Damkar menuju TKP kebakaran. Mereka tiba pukul 13.40 WIB. Tim langsung beraksi melakukan pemadaman selama 45 menit hingga pukul 14.30 WIB.

Kepala UPT Damkar Kuningan, Mh. Khadafi Mufti, M.Si., saat dikonfirmasi menyebutkan, penyebab kebakaran diduga karena ada orang yang sengaja membakar ilalang yang ada di kebun tersebut dan meninggalkannya.

Terkait kebakaran lahan bambu Khadafi mengimbau, agar masyarakat tidak melakukan pembakaran lahan karena dapat diancam dengan Perda Kabupaten Kuningan No. 4 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Perda No 8 Tahun 2020 tentang Pencegahan dan Penanggulanan bahaya kebakaran.

Ancaman bagi orang yang melakukannya dikenakan sanksi KUHP Pasal 188, yang berbunyi: “Barang siapa menyebabkan karena kesalahannya kebakaran, peletusan atau banjir, dihukum dengan hukuman penjara selama lamanya 1 tahun atau hukuman denda sebanyak-banyaknya satu tahun atau untuk barang karena hal itu, jika terjadi bahaya kepada maut orang lain, jika berakibat matinya seseorang," terang Khadafi. (H. Wawan Jr)**

Editor : Maman Suparman

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Akibat Gempa Cianjur, 2 Wilayah Terisolasi
Kuningan Harus Puas Juara 3 Balap Sepeda, Juara 1 - 2 Diboyong Cilacap
1 Kasus Varian XBB Terdeteksi di Kota Bandung
Polisi Periksa Oknum Pelepas Label Donasi Pada Posko Tenda Bantuan Korban Gempa
Sumbar Kirim 1,3 Ton Rendang untuk Korban Gempa Cianjur