Rentenir Bongkar Rumah Sumbangan Pangdam III Siliwangi Gegara Pemiliknya Tak Bisa Bayar Utang

foto

Cang Anwar

DIBONGKAR - Rumah Undang hanya tinggal lahannya saja karena bahan bangunannya dibongkar seorang rentenir.

GARUT, KejakimpolNews.com - Sungguh mengenaskan sekaligus memprihatinkan, gara-gara tak mampu bayar urang, rumah Undang (42) dibongkar seorang rentenir yang juga tetangganya, padahal rumah tersebut dahulunya dibangun atas sumbangan dari Pangdam III Siliwangi.

Kini rumahnya yang terletak di Kampung Haurseah, Desa Cipicung, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut itu sudah rata dengan tanah karena bahan bangunannya lenyap diangkut sang rentenir, tinggallah Undang (42) yang merenungi nasibnya, sementara tetangga lainnya tak mampu berbuat banyak.

Menurut salah seorang tetangganya, Undang berutang kepada tetangga satu kampung berinisial A sebear Rp1,3 juta. Ia tak mampu membayar utangnya yang bunga berbunga itu.

Akhirnya A pun mengambil barang berharga berupa bahan bangunan rumah Undang yang dulu dibangun atas hasil sumbangan Pangdam III Siliwangi 2017. Hal itu dibenarkan Babinsa Cipicung Toto Bustomi, saat memberikan keterangan kepada wartawan Jumat (16/9/22).

Malah kata Babinsa, perbuatan rentenir dengan cara merobohkan rumah tersebut dilakukan tanpa sepengetahuan pemiliknya karena sedang pergi ke Bandung untuk mencari rezeki sekaligus mencari uang buat membayar utang tersebut.

Kini pembongkaran rumah tersebut katanya sudah ditangani oleh Polsek Banyuresmi. Sementara itu Teguh, tetangga dekat Undang lainnya sempat menerangkan bahwa pengrobohan rumah Undang itu dilakukan oleh A yang dibantu oleh orang suruhannya. Teguh saat kejadian itu tidak bisa melarang, karena terlebih dahulu diancam oleh A agar jangan ikut campur.

Babinsa Cipicung, menambahkan, saat pembangunan rumah Undang tersebut dia sendiri ikut mengawal hingga selesai karena dibangun atas sumbangan Pangdam III Siliwangi.(Cang Anwar)**

Editor : Maman Suparman

Bagikan melalui
Berita Lainnya
24 Hari Nana Siswi Madrasah Cikancung Bandung Raib, Diduga Dibawa Lari Kenalan di Medsos
Al (16) Nekat Bakar Pontren Awaliyatul Huda Sumedang Gegara Ditegur Ustadz Merokok di Siang Hari
Tabrakan Beruntun Libatkan 3 Kendaraan di Tol Cipali 79, 1 Tewas 2 Luka Berat
Inilah Penyebab Tabrakan Maut Tiga Mobil di Tol Japek KM.58
Tarawih Keliling, Sekda Herman Suryatman Silaturahmi dengan Forkopimda Jabar