Polri Tepis Isu

Data Pribadi 26 Juta Anggota Polisi Bocor

foto

Foto : Div. Humas. Polri.

KADIV.Humas Polri Irjen (Pol) Dedi Prasetyo.

JAKARTA, KejakimpolNews.com - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menepis isu tentang kebocoran data pribadi 26 juta anggota polisi yang beredar di internet sebelumnya.

"Hasil asesmen dari Div TIK, data tersebut tidak bocor. Data bocor itu adalah hoaks,” ujar Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo dalam konferensi pers di Jakarta, Jum'at (23/09/2022). Menurut Dedi, data yang beredar tersebut merupakan data usang dari tahun 2016 lalu. Data yang dimaksud juga, katanya, tergolong umum dan dapat ditemukan dengan mudah di internet.

“Data usang tahun 2016 yang lalu, dan itu bisa didapatkan di internet,” tegasnya.

Sebelumnya, salah satu pengguna forum Hacker dengan user bernama Meki mengunggah utas atau thread bertajuk ‘26M DATABASE NATIONAL POLICE IDENTITY OF INDONESIA REPUBLIC‘, dengan menampilkan logo besar Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Rabu (21/9).

Dalam narasinya, dia mengaku memiliki dokumen penting semua personel polisi seluruh Indonesia berformat CSV yang dibobol pada September 2022. Total mencapai 26.263.105 dokumen.

Data yang diklaim bocor (compromised data) berupa pangkat, Nomor Registrasi Pokok (NRP), nama lengkap, jabatan, foto, daerah, email, Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor telepon, dan lainnya.

Dia mengunggah beberapa sampel data bocor yang diklaimnya sebagai ‘valid data for members of the Indonesian Police.’ Beberapa nama yang dia singgung, antara lain Kapolda Brigjen (Pol) Damianus Jackie (mendiang), Wakapolda Kombes Pol (Anton) Carliyan, Dirreskrimsus Kombes RZ Panca Putra, Dirreskrimum Kombes Trihadi Sutono.

Namun, berdasarkan penelusuran, nama-nama itu bukanlah penjabat Ditreskrimsus Polda Metro Jaya maupun Polda Metro Jaya. Mereka menjabat di Polda Kalteng pada periode 2009 hingga 2012. Daftar nama yang diunggah Meki itu juga bisa ditemukan di situs e-book scribd.com. Daftar itu lengkap dengan nomor telepon.**

Editor : Omay Komar

Bagikan melalui
Berita Lainnya
7,25 Hektare Hutan Blok Pejaten Gunung Ciremai Terbakar
Nenek Epon Bilang Mau Bunuh diri, Sesaat Kemudian Tubuhnya Ditelan Sungai Cisokan
Kasus Sambo Melanggar Hak Hidup, Hak Keadilan, Perusakan Barang Bukti, dan Hak Anak
1 Rumah di Kompleks Sukaasih, Sindangjaya Dilumat Si Jago Merah
Sumber Api Diduga Korsleting Listrik, Pasar Sentiong Balaraja Hangus Dilahap Api