Pelajar Ikut Berdemo Bagaimana SKCK-nya?

foto

Humas Polda Metro Jaya

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes. Pol. Drs. Yusri Yunus.

JAKARTA, kejakimpolnews.com.- Seribuan lebih pelajar ditangkap jajaran Polda Metro Jaya karena ikut demomonstrasi Omnibus Law. Lalu bagaimana bila kelak mereka membuat SKCK, atau surat keterangan catatan kepolisian?

"Kalau SKCK itu tidak ada hubungannya,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes. Pol. Drs. Yusri Yunus. Polda Metro Jaya.

Kata Yusri, pihaknya tidak akan mempersulit pembuatan SKCK. Juga tidak akan memberi catatan apa pun ke dalam SKCK. Catatan yang disertakan ke dalam SKCK, lanjut dia harus berdasarkan vonis pengadilan atas tindak kejahatan yang dilakukan seseorang.

"Kecuali sudah dipidana, seperti residivis itu baru. Tapi kalau ini jangan dikaitkan dengan itu,” tuturnya.

Menurut Yusri, semua pelajar yang pernah ditangkap Polda Metro Jaya hanya diperintahkan membuat surat pernyataan agar tidak mengulangi perbuatannya.

Penandatanganan surat tersebut, dibuat saat para pelajar dijemput oleh orang tuanya. Polda Metro Jaya bersama dengan jajaran Polres di wilayah hukumnya mengamankan sebanyak 1.377 pemuda dan pelajar terkait unjuk rasa Omnibus Law.

Saat petugas melakukan pendataan dan pemeriksaan, diketahui bahwa sekitar 80 persen dari 1.377 orang itu masih berstatus pelajar. Bahkan lima orang diketahui sebagai pelajar SD.

Editor: Dede Suryana

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Pemkot Tangerang Siapkan 2 Pompa Air Jumbo
Terobos Barikade, Massa Bentrok Dengan Polisi
Antisipasipasi Tawuran Antarpemuda, Terorisme, dan Pencegahan Penyebaran Covid-19
3 Relawan KAMI Ditangkap Aparat Polda Jabar
Polri Dalami Kabar Kepulangan Rizieq Shihab